Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kapolda NTT Hadir, Silaturahmi bersama Warga Kecamatan Kelapa Lima Kupang

Sabtu, 26 November 2022 | 4:18 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-26T08:28:21Z
XDetiik


XDetiik.com, KOTA KUPANG - Kapolda NTT yang merupakan putera asli NTT Irjen Pol. Drs. Johanis Asadoma,M.Hum. didampingi Dir. Pam.Ovit Polda, Dir. Binmas Polda NTT, dan Kabid Humas polda NTT serta staff Polda NTT melakukan tatap muka dengan warga Kecamatan Kelapa Lima dengan penuh sukacita.

Kegiatan tersebut bertempat di kedai Hopeng Jalan Timor Raya kelurahan Oesapa Barat, Pada Jumat, (25/11/2022).


Camat kelapa lima, I Wayan Gede Astawa dalam sambutannya mengatakan, 

"Kami merasa bangga dengan Bapak Kapolda NTT dengan kesibukan yang luar biasa walau Bapak dalam kondisi lagi kurang sehat, bapak tetap hadir untuk tatap muka dan berdialog dengan kami warga kecamatan kelapa lima, untuk dapat memberikan arahan penguatan dan diskusi dalam hal kamtibmas dikecamatan kelapa lima. Momen langkah pertemuan ini diapresiasi oleh para warga kecamatan kelapa lima, karena seorang Kapolda NTT turun langgsung bertemu dengan warga kecamatan kelapa lima, artinya negara benar benar hadir ditengah tengah masyarakat," kata Camat Kelapa lima disambut tepuk tangan meriah.


Tambah Camat Kelapa Lima menggambarkan wilayah Kecamatan terdiri dari 5 (lima) Kelurahan, luas wilayah ±15 km², jumlah penduduk: 79.222 orang dengan jumlah KK sebanyak 18.055, 5 LPM, 5 karang taruna, 58 RW, RT 166, dan 61 Posyandu. Masalah utama diwilayah kecamatan kelapa lima, yakni masalah stunting dan kamtibmas masalah utama pemicunya adalah miras.

"Kami juga mengapresiasi kerja keras dari polsek kelapa lima yang selalu merespon setiap masalah yang ada diwilayah kecamatan kelapa lima. Dan diakhir tahun 2022 ini ada banyak kegiatan, natal dan tahun baru, diharapkan masalah kamtibmas tidak terjadi apa-apa dan kami harapkan masukan dan arahan dari bapak Kapolda selaku Aparat Negara, dan mendengar masukan dari warga," harapnya.


Sementara itu, Kapolda NTT dalam arahannya mengatakan,

"Acara ini mendadak, tapi ini sudah ada undangan jadi saya harus hadir, jadi saya menyambut baik pertemuan ini untuk kita saling mendekatkan diri dan berbagi informasi sehingga kolaborasi sinergitas antara Polisi, Warga, TNI dan Pemerintah, bisa menciptakan kamtibmas yang baik dilingkungan. Sebelunnya saya juga sudah mengadakan petemuan dengan Uskup Agung, ketua dan jajaran MUI dan ketua Sinode GMIT yang juga merupakan kompenen masyarakat yang sangat berperan membangun kerjasama dengan Polri," ujar Kapolda yang juga merupakan Putera NTT itu


Lanjut Kapolda menjelaskan, tugas polisi yakni: pertama, memelihara kamtibmas. Bentuknya polisi hadir ditengah masyarakat, melakukan penjagaan, pengamanan, pengawalan dan patroli untuk menjamin situasi aman agar tidak ada niat dari orang lain untuk melakukan kejahatan dilingkungan karena ada polisi. 

Kedua, sebagai penegak hukum, polisi bertugas untuk memproses sesuai aturan. 


Diakhir pertemuan dibacakan pernyataan, masyarakat kecamatan kelapa lima membacakan pernyataan sikap:

1) Kami masyarakat kecamatan kelapa lima, mendukung kota kupang untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, agar tetap kondusif mejelang hari raya besar keagamaan nasional, natal 25 Desember 2022 dan tahun baru 2023.

2) Kami masyarakat kecamatan kelapa lima, mendukung Polda NTT dalam menjaga kearifan lokal dan moderenisasi kerukunan antar umat beragama di NTT, khususnya kota kupang sebagai kota paling toleran antar umat beragama.

3) Kami masyarakat kecamatan kelapa lima, mendukung visi dan misi Kapolda  NTT dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat NTT diantaranya: peningkatan pelayanan kepada masyarakat, mengutamakan restorasi justice dalam penegakan hukum dan membuka komunikasi yang baik kepada masyarakat dan tidak anti kritik.

4) Kami masyarakat kecamatan kelapa lima, sebagai warga Indonesia bertekad untuk, meningkatkan sistim keamanan lingkungan melalui pemberdayaan potensi masyarakat yang ada pada masing masing wilayah dan tetap menjaga persatuan, saling toleransi antar umat manusia, tidak mudah terprovokasi dengan hasutan apapun serta tidak ikut dalam menyebarkan berita berita yang belum terverifikasi kebenarannya.

5) Kami masyarakat kecamatan kelapa lima, menentang dan mengecam keras setiap aksi penyampaian pendapat dimuka umum yang dilakukan dengan cara anarkis serta menganggu ketertiban umum.

6) Kami masyarakat kecamatan kelapa lima, menyatakan siap bekerjasama dengan kepolisian dalam hal ini Polda NTT dalam upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban serta keutuhan masyarakat agar tetap kondusif menjelang dan pada saat pelaksanaan tahapan pemilu 2024.


Untuk diketahui kecamatan kelapa lima membawahi 5 (lima) kelurahan, yakni: kelurahan kelapa lima, oesapa barat, oesapa selatan, oesapa dan lasiana. 

Turut hadir dampingi Kapolda NTT dalam sambutannya yakni camat kelapa lima, I Wayan Gede Astawa,S.Sos, MM dan ketua klasis GMIT kota kupang timur, Pdt.Samuel B. Pandie, serta dihadiri oleh para lurah, Kapolsek Kelapa Lima, Babinsa, Bhabinkamtibnas, RT/RW, karang taruna, LPM dan tokoh agama sekecamatan kelapa lima.

×
Berita Terbaru Update