Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Prodi Bahasa & Sastra Indonesia UNDARMA Kupang Meriahkan Hari Sumpah Pemuda dengan berbagai Kegiatan

Senin, 31 Oktober 2022 | 10:17 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-31T02:40:05Z
XDetiik


XDetiik.com, KOTA KUPANG -  Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Karya Darma (UNDARMA) Kupang menggelar berbagai kegiatan Lomba dalam memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-94, yang tepatnya pada tanggal 28 Oktober dan juga bulan Bahasa.


XDetiik
Foto Kepro Bahasa dan Sastra Indonesia UNDARMA Kupang, Rofinus Taek, S.Pd. M. Hum. 

"Munculnya ide untuk persiapan kegiatan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda dan juga bulan Bahasa ini sudah dimulai pada bulan september sehingga panitia pun terbentuk pada saat itu," 

Demikian disampaikan oleh Ketua Prodi (Kepro) Bahasa dan Sastra Indonesia, sekaligus Penanggungjawab Kegiatan, Rofinus Taek, S.Pd. M. Hum kepada Media ini pada jumat, (28/10/2022).


XDetiik


Dan kegiatan ini pun, lanjutnya, melibatkan Mahasiswa Program Studi (Prodi) PGSD, PBSI, PG PAUD dan seluruh Mahasiswa Universitas Karya Darma Kupang, "ini juga merupakan kolaborasi bagi seluruh mahasiswa," katanya.


XDetiik
Foto salah satu Mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Monika Rambu Huwa weru sedang tampil bawakan Puisi.

Tujuan kegiatan ini untuk memeriahkan HUT Sumpah Pemuda yang ke-94 dan bulan bahasa, 

"jadi kegiatan yang kita lakukan ini adalah kegiatan yang pertama. Tentunya banyak kegiatan yang kita lakukan yaitu tarian, lomba puisi, pementasan, dan pidato namun jauh sebelum itu panitia merintis bahwa kegiatan ini terbagi dalam tiga item besar. Pertama, melibatkan seluruh siswa SMP, SMA untuk berpartisipasi dalam mata perlombaan puisi dan pidato. Kedua, seluruh mahasiswa Universitas Karya Dharma Kupang yang mana mengambil bagian dalam lomba pidato. Ketiga, seminar nasional," jelas Rofinus.


Lanjutnya lagi, Jadi hari ini (jumat, 28/10) terlaksana mulai dari jam 09.00-13.00 dan dilanjutkan dengan malam pentas seni yang mana seluruh panitia dan Bapak/Ibu dosen mulai pukul 18.00.


Harapannya, ke depan kegiatan ini semakin bermanfaat dalam artian kegiatan ini menjadi gambaran dan tolak ukur untuk kegiatan-kegiatan ke depan misalnya Hari Pendikan Nasasiona (Hardiknas), Hari Sumpah Pemuda di Tahun-tahun yang akan datang, mempersiapkannya lebih baik lagi, "di satu sisi kita mempromosikan dimata publik bahwa Universitas Karya Dharma Kupang ini benar-benar ada," tutupnya.


XDetiik

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Pelayanan Kasih, Drikben Eka Putera Nggadas S.Pd. M.Pd menjelaskan bahwa,

"kami dari yayasan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan di UNDARMA Kupang, karena Take Line Universitas yaitu, Kolaboratif, Inovatif, dan Adaptif. ketiga hal ini akan terealisasi melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan," ujarnya.


Tambah Ketua Yayasan menyampaikan, Contonya seperti saat ini dari yayasan melakukan perpindahan gedung dari Naikoten ke Fontein,

"ini merupakan permintaan mahasiswa. Jadi kami selalu berkolaborasi baik dari Yayasan, Universitas, dan Mahasiswa kami membangunnya secara kekeluargaan sehingga ketika mahasiswa menyampaikan aspirasi mereka, tentu kami akan mempertimbangkannya kalau hal itu positif," ungkapnya.


Lanjut Eka Putera, kami sekarang berdomisili di tempat yang baru di Fontein, Jln. Soeharto agar mempermudah akses publik karena disini semua jalur angkutan umum itu pasti ada disini. 

"Kemudian ketika kami ada disini dan karena juga nuansa baru, teman-teman Mahasiswa dan Prodi ingin melaksanakan sebuah kegiatan, untuk itu kita dengarkan hal-hal ini dan selalu mendukung Universitas sebenarnya melalui Take Line yang ada," terangnya.


Harapannya, kolaborasi itu tetap ada apalagi di tantangan perubahan zaman yang saat ini luar biasa, kemudian ada isu-isu bahwa di 2023 ini akan ada krisis dan segala macamnya, sebagai mahasiswa ini merupakan modal besar bagi mereka untuk tetap survive di hari-hari ke depan, harapnya.


XDetiik

Selanjutnya, Ketua Panitia (Kepan), Lucia Djuwenchyanna Diaz, menyampaikan bahwa kegiatan ini mencerminkan dan menghasilkan, dimana mahasiswa mampu berproses baik Akademik di bidang Nalar dan Keilmuan dari proses kemudian sampai pada akhir, tentu kami mengalami banyak History-history, suka-duka sebelum kepanitiaan dan segala macam perasan pasti ada untuk kegiatan ini. 

"Tetapi kami percaya bahwa dari kegiatan ini akan melahirkan tali persaudaraan antar program studi, karena kegiatan ini menjadi dasar untuk momentum Sumpah Pemuda ini, apalagi mengingat bahwa ia menggandeng dengan bulan bahasa sehingga teman-teman dari prodi Bahasa dan satra merupakan salah satu panutan utama dalam Ormawa apalagi prosesnya menunjang kreatifitas mahasiswa," jelas Kepan.


"Saya sendiri, dari Prodi PG PAUD memberikan apresiasi kepada seluruh kepanitian bahwa kami mempunyai rasa mencintai almamater, mencintai kampus kami sehingga menjadi bukti bahwa persaudaraan kami kuat melalui kegiatan ini," ucapnya.


Masih menurut Kepan, terkhususnya kepada Penanggung Jawab Kegiatan Bapak Rhofinus Taek, S.Pd., M. Hum yang selalu memberi support,

"meskipun kami terbentur dengan berbagai hal, tetapi karena semangat perjuangan yang menghasilkan mahasiswa progresif dan inovatif agar bisa secara sehat melalui dinamika-dinamika dunia pendidikan," ujar Kepan yang juga Mahasiswi Prodi PGPAUD itu.


Perlu di ketahui bahwa keseluruhan peserta dalam daftar buku pengunjung itu semuanya berjumlah 65 orang, baik Dosen, Mahasiswa dan peserta dari luar maupun internal kampus sendiri, tutupnya.

×
Berita Terbaru Update