Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Langkah Inovatif! Fakultas Kesehatan UCB Latih Promotor Kesehatan Cilik, Hadapi DBD

Selasa, 25 Oktober 2022 | 6:51 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-12T09:37:33Z
XDetiik
Foto sedang berlangsung kegiatan.

XDetiik.com, KOTA KUPANG - Langkah inovatif dicanangkan oleh Fakultas Kesehatan Universitas Citra Bangsa (UCB) melalui Tim Promotor kesehatannya yang berhasil membentuk promotor Kesehatan cilik di setiap Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kota Kupang. Kegiatan akbar ini dilakukan pada Selasa (25/10/2022). 


tonton juga disini

👇👇

https://youtu.be/QYzBoex7KDA


XDetiik


Dekan Fakultas Kesehatan UCB, Vinsen Belawa Making menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah hasil kolaborasi dari beberapa pihak. 

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Fakultas Kesehatan UCB atas persoalan tahunan yang terjadi di kota kupang, dalam hal ini kasus DBD," jelas Making.


Lnjut Dekan Fakultas Kesehatan UCB, Setiap tahun saat memasuki musim hujan pasti terjadi lonjakan kasus DBD. 

"Oleh sebab itu, kita bergerak bersama dinas Kesehatan kota kupang, dinas Pendidikan kota kupang, IAKMI NTT dan para kepala sekolah serta para guru SD untuk membentuk promotor Kesehatan cilik di semua SD yang ada di Kota Kupang. Kita terjunkan seluruh mahasiswa Kesehatan dibawah koordinasi Tim Promotor Kesehatan UCB, BEM dan BLM," ungkapnya.


Masih menurur Making, Tugas promotor Kesehatan cilik ini adalah menjadi pengingat dalam rumah dan lingkungan sekitar tentang pentingnya hidup bersih dan sehat. Secara khusus anak-anak ini akan melakukan berbagai kegiatan pencegahan DBD


"Harapannya, semoga dengan hal sederhana ini kota Kupang bisa terhindar dari Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Kita juga berharap Kerjasama para guru SD sekota kupang khususnya para wali kelas dan guru UKS agar terus mengingatkan anak-anak akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat," harap Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan itu.


Arman R. Lette SKM.,MPH menambahkan kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan menyongsong dies natalis ke 14 FaKes UCB

"Kegiatan besar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam menyongsong Dies Natalis ke 14 Fakultas Kesehatan UCB. Tercatat ribuan anak Sekolah Dasar Se-Kota Kupang telah terpapar dengan informasi ini. Dan mereka menjadi agen dalam keluarga dan lingkungannya masing-masing. Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan derajat Kesehatan masyarakat di kota kupang," terang Arman.


Ketua Promotor Kesehatan UCB Fidel Dioni Fernandes mengatakan sangat senang dapat bekerjasama dengan banyak pihak untuk suatu kebaikan. 

"Kami sebagai mahasiswa fakultas Kesehatan UCB merasa sangat senang dapat dipercaya menghandel kegiatan besar ini. Memang tidak mudah menggerakan teman-teman dalam jumlah yang banyak tetapi berkat dukungan semua dosen baik dari S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan dan S1 Farmasi kami akhirnya bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik," katanya.


XDetiik


Kami akan terus mengkawal tim promotor cilik yang sudah terbentuk ini. Nanti tiga bulan lagi kami akan kembali bertemu mereka untuk melakukan evaluasi bersama, Tutupnya.

×
Berita Terbaru Update