Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ikut Perangi Stunting, OMB Oel Hun dorong Masyarakat Desa Fatuteta Kembangkan Potensi Pangan Lokal

Senin, 07 Agustus 2023 | 5:10 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-07T09:11:19Z
xdetiik
Foto saat Ketua OMB Oel Hun serahkan Telur Ayam Kampung kepada Kades Fatuteta.

XDetiik.com, KUPANG - Organisasi Masyarakat  Basis (OMB) Ole Hun yang merupakan salah satu kelompok masyarakat di Desa Fatuteta, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang  berkomitmen mendorong sesama masyarakat untuk mengembangkan potensi pangan lokal. Hal tersebut juga sebagai bentuk ikut berpartisipasi memerangi stunting.


Demikian disampaikan oleh Ketua OMB Oel Hun Nithanel Manune, seusai menyerahkan telur kampung kepada Kades Fatuteta dlam mendukung penurunan angka stunting. Jumat, (28/7/2023).


Salah satu komitmen kami adalah dapat bermanfaat bagi masyarakat desa walaupun sedikit dan mendorong masyarakat untuk mengembangkan potensi pangan lokal, misalnya telur ayam kampung sebagai sumber pangan yang bergizi”, ungkap Nithanel Manune.



Ketua mewakili OMB Oel Hun menyerahkan telur kampung kepada kepala desa Fatuteta untuk mendukung program pemerintah dalam penurunan stunting.


OMB Oel Hun di Desa Fatuteta menyerahkan telur ayam kampung dari hasil produksi kepada pemerintah desa Fatuteta untuk disalurkan pada anak – anak dengan status stunting dalam kegiatan gerakan orang tua asuh. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen OMB untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat desa dan mendorong masyarakat desa untuk mengembangkan potensi pangan lokal. 


Upaya mendorong potensi pangan lokal untuk peningkatan gizi masyarakat juga didukung oleh pendamping Desa Fatuteta, Octaviana Rundy. Menurutnya penting untuk berkolaborasi antara kelompok masyarakat, pemerintah desa dan mitra desa untuk memanfaatkan potensi pangan lokal sebagai sumber pangan dan meningkatkan gizi masyarakat. 

"Banyak potensi pangan lokal yang bergizi didesa. Contohnya telur ayam kampung dan marungga. Masyarakat juga dapat membuat dapur hidup disetiap rumah," jelas Ketua OMB.


Sementara itu, Kepala desa Fatuteta Obet Nego Otfah menyambut baik bentuk inisiatif OMB Oel Hun.
Menurutnya inisiatif OMB sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya untuk anak-anak dengan status stunting. 

"Diharapkan inisiatif ini dapat mendorong kelompok dan masyarakat lainnya untuk peduli terhadap sesama. Apa yang dilakukan OMB ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan perlu dijadikan contoh dan tentunya terima kasih atas inisiatifnya membantu masyarakat khususnya untuk masyarakat Fatuteta," harap Kades Fatuteta.


Diketahui, OMB Oel Hun Desa Fatuteta adalah kelompok  yang mempunyai program kerja untuk pengembangan pangan lokal khususnya ayam kampung dengan metode sekolah lapang sebagai tempat pembelajaran bagi semua anggota yang nantinya dapat ditiru dan ditularkan pada masyarakat. 

OMB Oel Hun menjadi salah satu kelompok dampingan dari Yayasan Sheep Indonesia yang mempunyai program Kemandirian Sistem Pangan Lokal Berkelanjutan khususnya di kabupaten Kupang. 

(YSI/XD**).
×
Berita Terbaru Update