Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kolaborasi ISMKMI & BEM FKM Undana Penyuluhan Kesehatan bagi Siswa SMPN 5 Kupang Tengah

Jumat, 27 Januari 2023 | 9:50 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-28T13:00:15Z
Xdetiik

XDetiik.com, KUPANG - Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) berkolaborasi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang berikan Penyuluhan Kesehatan dengan materi tentang Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan Bulying bagi siswa-siswi SMP Negeri 5 Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, pada Jumat, (27/1/2023).


Xdetiik

Koordinator ISMKMI NTT Melani Ariansi Putri Ratu, menyampaikan bahwa

"Kami melaksanakan program dalam salah satu devisi Badan Pemerhati Khusus Remaja dan Anak (BPKRI) gang dimana programnya adalah Sekolah binaan yang disini berkolaborasi dengan BEM FKM Undana yang dimana tidak hanya melakukan sekolah binaan tetapi juga pengabdian kepada masyarakat," jelas Melani yang juga sebagai Mahasiswi FKM Undana itu.


Kegiatan dengan sejumlah 4 materi, yakni : 

Pemenuhan Gizi Seimbang,PHBS, Kesehatan Reproduksi dan Kesehatan Mental.

"Kegiatan ini akan dilakukan dua kali, dimana pada hari ini, 27/01 yang pertama di SMP Negeri 5 Kupang Tengah dengan materi tentang Kesehatan Reproduksi dan Bulying, kemudian akan dilanjutkan pada tanggal 30 Januari serta menyasar ke SD Kaniti juga SMA yang ada di Kaniti sini," ujarnya.


Karena SMP Negeri 5 Kupang Tengah merupakan Sekolah Binaan maka akan tetap   dilaksanakan di sekolah tersebut,

"Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik hingga disenin mendatang dan apa yang kami telah berikan dapat bermanfaat bagi siswa/i terhususnya juga bagi kami sendiri dimana mengaplikasikan ilmu yang sudah peroleh di FKM Undana," harap Mahasiwi Prodi Kesehatan Masyarakat itu.


Xdetiik

Sementara itu, Ketua BEM FKM Undana, Juanito K. F. Neolaka, kepada Media ini menjelaskan bahwa BEM merupakan sebuah Wadah ekstrakurikuler dan representasi bagi seluruh Mahasiswa untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru yang terus mendukung visi dan misi FKM, kemudian menjadi salah satu tridarma dari perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.


"Melalui Bidang IV BEM, kali ini kami melakukan berbagai penyuluhan yang hari ini bagi siswa-siswi SMP Negeri 5 Kupang  Tengah yang dalam kategori remaja adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa sehingga perlu dibekali dengan pengetahuan kesehatan tentang bagaimana menjaga organ reproduksi agar nantinya dapat menjadi cikal bakal pemimpin di amsa depan yang dapat mengkaderisasikan kaum-kaum muda yang berkualitas," jelasnya.


Ia juga berharap siswa-siswi dapat memahami dengan baik dan kemudian dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan kesehatan reproduksi dan juga soal bulying agar tidak saling mengejek dan lainnya.


"Puji Tuhan Kegiatan ini berjalan dengan baik, walaupun sudah siang namun siswa-siswi mereka begitu semangat dan fokus hingga akhir, artinya tidak hanya mendengar tapi mereka juga ikut terlibat aktif dalam kegiatan sehingga terjadinya diskusi dua arah, ini luar biasa," ungkap Ketua BEM. 


Ia juga menuturkan bahwa materi dalam pengabdian tersebut dilakukan juga dalam diskusi sehingga ada sesi tanya jawab teemasuk soal bulying dan siswa-siswi mereka pun diberi hadiah jadinya semakin bersemangat dalam kegiatan tersebut.

"Kami juga ucapkan Terima Kasih kepada Pihak Sekolah, dimana Ibu Kepala Sekolah bersama jajaran hang sudah bersedia menerima kami lakukan kegiatan pengabdian di Sekolah ini dan semoga kehadiran kamj dapat bermanfaat disini," tutupnya.


Xdetiik

Selanjutnya, salah satu siswa, Patrisius Lena Kaho mngaku senang dengan materi yang diperoleh

"Saya merasa senang peroleh materi tentang Kesehatan reproduksi dan bulying  yang diberikan oleh kaka semua dari FKM Undana, kiranya dapat bermanfaat bagi kami untuk masa depan yang lebih baik," ujar siswa Kelas VIII itu.


Terima kasih untuk kaka mereka dari FKM Undana yang telah berikan materi oenting tadi bagi kami, Tuhan Berkati selalu dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya, tutup Patris yang juga wakil Ketua Osis SMP N 5 Kupang Tengah.


Xdetiik

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib yang dihadiri seluruh siswa-siswi kelas VII,VIII dan IX, Mahasiswa-mahasiswi FKM Undana Kupang,  beserta Kepala Sekolah dan jajaran Guru SMP Negeri 5 Kupang Tengah.

(Fiand/XD**).

×
Berita Terbaru Update