Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dari Jurnalis, Raymundus Penana Nuba Kini Maju Caleg 2024

Jumat, 30 Juni 2023 | 1:12 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-29T17:23:34Z
Xdetiik


XDetiik.com, ADONARA -  Raimundus Penana Naba yang berawal dari profesi sebagai seorang jutnalis, kini merambah dunia Politik. Kekuasaan adalah impian setiap orang untuk memerdekakan manusia dari kebodohan, kemiskinan dan kemelaratan agar martabatnya menjadi sejajar. 

Hal ini disampaikan oleh sosok politisi muda berkarakter, Raymundus Penana Nuba atau biasa di sapah Ruddy Tokan pada Rabu, (28/6/2023).


"Saya menjadi wartawan tahun 2001 pada Tabloid Politik Talenta. Media ini lebih cenderung memberitakan masalah politik di NTT. Saya belajar menulis mulai dari sini. Banyak senior yang mendidik saya bermula dari loper koran sampai akhirnya menjadi reporter. Saya sering meliput  kantor DPRD Provinsi NTT dan Kantor Gubernur NTT," ujar Raymundus.

Aktivis ’98 ini menguraikan, menjadi seorang Jurnalis, penuh dengan resiko dan tantangan. Dunia ini dianggap sebagai panggilan hidup yang butuh pengorbanan, sebab profesi yang satu ini, selalu jauh dari kemapanan secara ekonomi. Karya pewartaan serta keberpihakan pada perubahan-perubahan sosial, serta perlawanan terhadap penyimpangan penyelenggaraan pemerintahan adalah tujuan hidup bagi dirinya. Namun tak sedikit pula dimusuhi.

Kadang kita dimusuhi banyak pihak, bahkan keamanan pribadi sendiripun terganggu. Saya punya begitu banyak pengalaman tentang ini".

Ia juga meyakini bahwa Indonesia menjadi baik di tangan Jokowi.
Saat itu ada semacam keyakinan bahwa Indonesia bakal menjadi baik di tangan Jokowi, karena Jokowi orang baik. Maka muncul tagline orang baik pilih orang baik. Saya bersyukur bisa bertemu Jokowi secara langsung saat beliau masih di gadang-gadang menjadi Calon Presiden. Ada satu pesan yang ditulis dengan tangannya sendiri dan diserahkan kepada saya, ‘Perjuangan Kita Belum Usai’. Tulisan itu diserahkan kepada saya. Kekuatan pesan Jokowi itu kemudian memacu saya untuk lebih giat bekerja, dengan satu keyakinan, Indonesia pasti lebih baik di tangan beliau,” ujar Dia ceritakan kata Jokowi.

Memasuki tahun 2019, lanjutnya, saat Jokowi maju ke periode II, Raymundus juga terpilih menjadi Sekretaris Panitia Kampanye Akbar Jokowi di Kota Kupang, dimana ketuanya adalah Melki Laka Lena yang saat ini menjadi ketua DPD II Partai Golkar. Seluruh persiapan kampanye dan pelaksanaan sukses dan mendapat apresiasi. 

Tahun itu pula, Raymundus ditetapkan menjadi Calon Legislatif untuk DPRD NTT dari PDI-Perjuangan di wilayah Kota Kupang. Namun nasib belum beruntung. Dengan segala macam kekuarangan dari sisi materi, ia mendapat dukungan luar biasa dari anak-anak muda Kota Kupang. Ia keluar sebagai runner up dan memberi hormat pada rekan separtainya yang berhasil duduk di DPRD NTT. 

Saya memilih Daerah Pemilihan Kota Kupang dengan alasan, menguji kondisi sosiologis masyarakat Kota Kupang yang plurar dari politik identitas yang marak saat itu. Saya dibilang sebagai calon asing di kandang orang, bermain api di kandang lawan, dan masih banyak narasi yang berusaha menjegal langkah politik saya saat itu. Namun saya tidak peduli, karena masih banyak orang yang juga akhirnya menjadi saudara karena bertemu dalam ruang politik seperti ini. 
Saya nikmati dan terus berjuang, karena bagi saya, politik adalah panggilan kerasulan, seperti yang pernah saya jalani sebagai aktivis dan jurnalis. Harus ada idealisme dan komitmen sekalipun harus melewati jalan terjal dan jauh. Saya telah memutuskan berada di jalur ini, menjalani politik pembebasan sesuai dengan jiwa dan semangat pribadi,” tegas Raymundus.

Kini Raymundus Penana Nuba sedang berkeliling kampung. Ia berjumpa dengan masyarakat di wilayah pemilihannya, Flores Timur, Lembata dan Alor.

Saya saat ini masih di Adonara, beberapa tempat sudah saya datangi. Saya membawa pesan damai buat masyarakat. Berdialog secara humanis dengan masyarakat maupun dengan sesama politisi, baik separtai maupun lainnya".

Politik saat ini, harus dikonstruksi dengan pola dialog, agar kita mampu mewujudkan persatuan antar sesama anak bangsa guna membangun NTT maupun Indonesia yang kita cintai,” tutupnya.

(Y/XD).
×
Berita Terbaru Update