Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hama dan Penyakit pada Ikan Mas, Begini Cara Atasinya

Sabtu, 08 April 2023 | 9:20 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-08T13:20:14Z

Mengetahui Hama dan Penyakit yang mengganggu budi daya pada Ikan Mas. Cara mengatasinya pun berbeda-beda. Hama biasanya adalah organisme pembunuh dan pemangsa.


Oleh MARSELINUS BILLY, Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang.

PRODY : TBP C

NIT       :

Dosen   : Riris Yuli Valentine S.Pi.M.p


Xdetiik
Foto istimewa : MARSELINUS BILLY


XDetiik.com, KUPANG - Hama dan penyakit adalah salah satu organisme perairan yang dapat membunuh, memangsa dan mempengaruhi produktifitas perairan. 


Sekalipun hama dan penyakit adalah pengganggu budi daya perikanan, namun cara mengatasinya pun berbeda-beda. 

Hama biasanya adalah organisme pembunuh dan pemangsa, juga ukuranya biasanya lebih besar dan lebih kecil dari ikan yg kita budidayakan sedangkan Penyakit adalah salah satu gejala fisiologis yang dapat menghambat pertumbuhan ikan masalh ini biasnya di akibatkan oleh parasit dan juga kondisih perairan.


Jenis jenis hama dan penyakit pun berbagai macam, Contonya hama yang menyerang ikan mas seperti (ular, kodok, burung, ucrit dan kepiting). Sedangakn jenis penyakit ikan nila  seperti (bintik putih atau white spot, kutu ikan, cacing insang dan kulit, jamur, bakteri aeromonas punctata, koi herves virus atau khv).


Cara mengatasi masalah-masalah tersebut adalah dengan cara pemasangan waring, pemasangan bayscurity dan pemasngan senar diatas kolam budidaya ikan mas, pengeringan dan pengapuran dasar kolam, pemupukan, menyesuaian padat tebar sesuai ukuran kolam, pemberian suplemen pemasangan saringan pada saluran inlet).

×
Berita Terbaru Update