Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hama dan Penyakit Ikan Cupang

Kamis, 06 April 2023 | 12:06 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-06T04:07:04Z

Ikan Cupang yang indah dengan beraneka corak dan warna memanjakan mata ditambah pemeliharaan yang cukup mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan hias. Namun juga perlu cegah hama dan penyakit pada ikan tersebut.

Oleh IGRIELIFAS TOTIBUN, Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang. 

NIT                                 : 22.3.06.091 

PRODI.                           : TEKNIK BUDIDAYA PERIKANAN 

DOSEN PENGAMPUH : RIRIS YULI VALENTINE, S.Pi,M.P 

 
Foto istimewa : Igrielifas Totibun.

XDetiik.com, KUPANG - Akhir- akhir ini cupang menjadi primadona di pasar ikan hias. Tak heran, bentuknya yang indah dengan beraneka corak dan warna memanjakan mata ditambah pemeliharaan yang cukup mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan hias . 


Meskipun pemeliharaannya cukup mudah, bukan berarti ikan cupang tidak berisiko terkena penyakit.Kurangnya kebersihan air dan kontaminasi pakan dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit pada cupang. 


Apa saja sih jenis penyakit cupang dan  

Bagaimana mengatasinya? simak pembahasan berikut. 

1.white spot(Bintik putih) 

Cupang dapat terkena penyakit white spot (Bintik putih) yang menyerang sisik ikan dan gampang sekali menular. Air yang kotor dan pakan yang tidak bersih biasanya akan menimbulkan gejala bintikbintik putih pada sisik ikan.


Jika sudah terkena penyakit, nafsu makan ikan cupang akan berkurang, warnanya terlihat pucat,serta sirip dan ekornya menguncup.dalam beberap kasus, cupang menabrakkan diri nya ke dinding akuarium karena rasa gatal ditubuh nya.


Jika ikan cupang peliharaanmu mulai mengalami gejala tersebut segera lakukan karantina. Bersihkan akuarium dan segera ganti airnya, kemudian tambahkan obat biru dan garam pada air yang baru agar penyembuhannya semakin cepat. Biasakan ikan terkena sinar matahari pagi. 


2.infeksi jamur kulit 

Infeksi jamur kulit ini ditandai dengan munculnya bercak putih pada sirip ikan, bentuknya seperti gumpalan kapas.


Jika sudah terkena penyakit, biasanya napsu makan cupang akan menurun , gerakkannya semakin pasif, dan dalam beberapa kasus warnanya semakin memudar. 


Penyebabnya lagi-lagi air aquarium yang kotor karena jarang dibersihkan : untuk mengobati cupang kesayanganmu, segera ganti air secara menyeluruh dan. 


Lakukan karantina pada cupang.kemudian tambahkan obat biru, pada air yang baru.selain obat biru, air rendaman Ketapang juga bisa menjadi pilihan. Selama karantina upayakan untuk mengganti air sekali dalam tiga hari.


3.Fin Rot (Busuk Sirip) 

Jika muncul warna kemerahan pada sirip cupang, sirip sobek dan rontok, warna cupang menjadi lebih pucat, bahkan jika dibiarkan badan ikan ikut membusuk , kamu perlu waspada.


Cupang peliharaanmu diserang penyakit finrot. Penyakit ini disebabkan bakteri yang muncul akibat kualitas dan kebersihan air yang buruk. 


Pengobatannya dapat dilakukan dengan mengarantina ikan, membersihkan aquarium, dan menganti air baru, kemudian tambahkan antibiotic dan garam khusus ikan.


Dengan mengenali Hama dan Penyakit ini ,  semoga cupang – cupangmu tetap sehat dan lucu-lucu.

×
Berita Terbaru Update