Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Laskar Sehat Undana Gelar Pelatihan Gizi Seimbang, Menyongsong Dies Natalis Undana ke-61

Minggu, 27 Agustus 2023 | 7:32 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-27T21:25:29Z
xdetiik


XDetiik.com, KOTA KUPANG - Organisasi Laskar Sehat Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menggelar Pelatihan Gizi Seimbang. Kegiatan ini juga bagian dari Dies Natalis Undana ke-61 Tahun, tepatnya pada tanggal 1 September.


Demikian disampaikan oleh dr. Nicholas Edwin 
Handoyo, M.Med.Ed sebagai Ketua Pelaksana kegiatan yang digelar di Lab Bioscience Undana Kupang pada Sabtu, (26/08/2023).


"Kegiatan hari ini adalah pelatihan Gizi Seimbang, dimana telah bekerja sama antara Health Promoting University (HPU) untuk mendorong mahasiswa, terutama mereka yang tergabung dalam organisasi Laskar Sehat dan akan menjadi tutor (agen of change) karna di tahun 2021 kita membuat penelitian ternyata banyak mahasiswa pola makannya tidak tepat. Jadi kegiatan ini juga bagian dari Dies Natalis Undana ke - 61 Tahun," jelas dr. Nicholas yang juga sebagai Koordinator Pusat Promosi Kesehatan LPPM Undana itu.


xdetiik
dr. Nicholas Edwin Handoyo, M.Med.Ed sebagai Ketua Pelaksana kegiatan.

dr. Nicholas yang juga sebagai pemateri pertama dengan judul "Peer Teaching + Praktek mikro teaching" itu mnjelaskan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan terkait pentingnya gizi.  kemudian berdiskusi bersama laskar sehat sehingga mengundang dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat memberikan pelatihan ini, terutama kepada mahasiswa yang akan perpanjangan tangan untuk masuk ke mahasiswa setiap fakultas di Undana. Agar kedepan mahasiswa bisa memilih dan tidak sembarangan makan lalu akan lebih sehat, produktif dan belajar lebih baik dan mempunyai prestasi.


Setelah melatih tutor-tutornya sekitar 35 orang kemudian Minggu depan tanggal 02 september mereka yang akan mempraktikan untuk melatih sekelompok mahasiswa dengan harapan kedepan semakin banyak atau semua mahasiswa mengerti tentang gizi. Tidak hanya bidang kesehatan seperti FKM dan Kedokteran di Undana.


Selain itu juga ia menyampaikan bahwa 
"Laskar sehat undana bergerak dari tahun 2022 memberikan konseling di bidang psikologi karena beberapa mahasiswa Undana juga mengalami depresi dan ada juga yang bunuh diri. Berdasarkan itulah kami melatih teman-teman laskar sehat ini untuk memberikan edukasi, konseling. Mereka yang lagi down, memilki masalah, bisa didampingi sehingga meminimalisir dan terselamatkan dengan adanya teman-teman di laskar sehat," terangnya.


Mahasiswa yang mengalami depresi di Undana, lanjutnya, cukup tinggi. Terutama mahasiswa kedokteran antara 30-50 persen (%) yang mengalami depresi di tingkat akhir.

"Kita berharap melalui kegiatan seperti ini bisa berkurang terutama mereka yang menghadapi skripsi karena mereka merasa ribet, bingung, terganggu. Bisa konseling dengan teman-teman di laskar sehat sehingga kesehatan mental akan membaik dan itu program kita tahun lalu. sedangkan tahun ini kita latih mahasiswa laskar sehat di bidang gizi seimbang sehingga jadi tutor untuk alinnya," ujar dr. Nicholas.


xdetiik
Dosen di FKM Undana,  Daniela L. Adeline Boeky, S.KM., M.Kes.

Sementara itu, salah satu Dosen di FKM Undana,  Daniela L. Adeline Boeky, S.KM., M.Kes sebagai pemateri kedua dengan judul "gizi seimbang dan gizi makro & gizi mikro" menjelaskan bahwa mahasiswa diajarkan bagaimana memahami pola makan sehat dan gizi seimbang.

"Kita masih mengenal 4 sehat 5 sempurna padahal istilah tersebut sudah tidak berlaku lagi dan sudah di ganti dengan pedoman gizi seimbang. Mencakup tentang makanan sehat tetapi juga bagaimana kita berperilaku yang sehat. Contohnya seperti nafsu makan dan juga melakukan aktivitas fisik kurang lebih selama 30 Menit perhari. Itu yang diajarkan kepada teman-teman laskar sehat ini agar dapat menyalurkan informasi bagi teman-teman mahasiswa sekitar, lingkungan dan masyarakat umum," jelas Daniela.


Hal senada juga dikatakan dosen Daniela bahwa mahasiswa laskar sehat di Undana diharapkan bahwa menjadi agen of change atau di sebut agen perubahan yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di luar khususnya masyarakat di NTT.

"Diharapkan Ilmu yang telah disampaikan oleh saya dan teman-teman pemateri lain boleh dapat bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa laskar sehat dan juga berkembang di masyarakat luas secara positif. Karena mahasiswa sebagai agen perubahan," harapnya.


xdetiik
Mahasiswi Fakultas Kedokteran Undana, Fransiska Claudio Fitriani.

Selain itu, salah satu mahasiswi Fakultas Kedokteran Undana, Fransiska Claudio Fitriani,  menjelaskan bahwa mengikuti pelatihan Laskar Sehat dengan narasumber yang terpercaya, termasuk topik micro teaching. 

"Dalam pelatihan ini, kami belajar bagaimana cara menyampaikan materi dengan baik, memberikan penjelasan yang efektif dan memberikan komentar positif kepada penerima materi. Materi ini akan kami bagikan kepada teman kuliah, lingkungan sekitar, orang tua dan masyarakat umum," jelas mahasiswi cantik asal Flores itu.


Fransiska juga merasa bersyukur karena mendapatkan kesempatan untuk mempelajari micro teaching. Sedangkan pedoman gizi seimbang dapat di kuliah kedokteran. 

"Kami selalu diminta untuk berbagi pandangan kami terhadap materi, menjaga fokus dan mencegah kebosanan. Berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan pengaruh positif dan dampak yang baik bagi teman-teman mahasiswa, lingkungan, dan masyarakat umum," harap mahasiswi semester VII Fakultas Kedokteran Undana itu.


xdetiik

Kegiatan ini berlangsung seru dengan diselingi game secara berkelompok, salah satunya meletakan bola plastik di atas bibir sebuah kotak dengan diikat tali dan kelompok itu berjalan sambil memegang talinya dan menjaga agar tak jatuh bolanya dan tak meleati gatis yang ditentukan panitia. Game tersebut memiliki arti mengajarkan nilai kesabaran.


xdetiik

Dalam kegiatan ini dihadiri sekitar 40 peserta yang berasal dari berbagai fakultas seperti ; Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 


Selain itu terdapat 3 narasumber dalam kegiatan tersebut ;

1. Dr. dr Nicholas Edwin 
Handoyo, M.Med.Ed membawakan materi tentang "Peer Teaching + Praktek mikro teaching".

2. Daniela L. Adeline Boeky, S.KM., M.Kes. membawakan materi tentang "gizi seimbang dan gizi makro & gizi mikro".

3. Sarci M. Toy, S.KM., M.P.H. membawakan materi tentang "penyebab kekurangan & kelebihan gizi seimbang serta Materi dampak kelebihan & kekurangan gizi seimbang".

(Fiand/XD**).
×
Berita Terbaru Update