Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Akhir dari KKN Tematik IPS Gandeng TBM Cendekiawan menggelar ini !!

Kamis, 06 April 2023 | 4:25 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-06T08:25:55Z


XDetiik.com, SOE -  Mengakhiri Masa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Institut Pendidikan SoE (IPS) menggelar Pameran dan Pentas Literasi yang di dilaksanakan di Taman Baca Masyarakat (TBM) Cendekiawan, Dengan melibatkan 12 orang mahasiswa. Pada Rabu (05/04/23).


Dalam kesempatan tersebut dilakukan pameran dan pentas Literasi yang terdiri dari pentas seni baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial dan budaya  berkaitan dengan 6 program literasi dasar.


Setiap mahasiswa KKN Tematik, melakukan pendampingan kepada anak-anak yang berada di TBM Cendekiawan di lakukan selama 1 bulan.


Dari apa yang telah di buat itu pada akhirnya di hasilkan dalam sebuah pentas literasi serta pembuatan media alat peraga yang nantinya setelah itu akan di pergunakan oleh anak-anak untuk belajar selanjutnya.


Kegiatan pentas literasi itupun berjalan dengan baik diisi pula dengan pidato bahasa inggris, pembacaan puisi, serta tarian yang dilakukan oleh anak-anak TBM Cendekiawan. Seusai kegiatan pameran dan pentas literasi dilanjutkan dengan Penarikan Mahasiswa KKN Tematik oleh Dosen Pembimbing Lapangan.


TBM cendekiawan sangat terbantu dengan kehadiran teman-teman mahasiswa dari Institut Pendidikan SoE yang melakukan KKN Tematik di tempat tersebut.


Ketua TBM Cendekiawan Thomas Kabu, S.Pd dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Sangat berterimakasih kepada IPS yang sudah bermitra dalam menjalankan Program.


" Terima kasih kepada Institut Pendidikan SoE, yang sudah bermitra bersama kami, untuk melaksanakan KKN Tematik di desa Mnelalete sasarannya di TBM Cendekiawan, karena program ini sangat membantu kami  Beberapa program yang di bawakan teman-teman dari kampus, sudah mencakup  6 program literasi dasar, yang di design dalam program pengabdian masyarakat", jelasnya.


Hal senada dilanjutkan oleh Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kab TTS, Lefinus Asbanu, S.Pd dalam pesannya menyampaikan bahwa Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari  di harapkan bisa memberikan dampak bagi sesama.


" Jadikanlah pengalaman ini sebagai arah untuk membuka ruang,  sehingga kehadiran teman-teman di mana pun kita berada bisa memberikan sesuatu yang berdampak", ungkapnya.


Akhir dari kegiatan itu Dosen pendamping lapangan Yusak Bien, M.Pd, menjelaskan bahwa, Pendampingan dan pelatihan program literasi dasar menjadi sebuah hal yang menarik untuk di lakukan.


" kami dari Institut Pendidikan SoE, menyampaikan terima kasih kepada Ketua FTBM, para pegiat literasi di TBM Cendekiawan, yang bersama-sama mendampingi 12 orang mahasiswa, yang melaksanakan kegiatan KKN, yang dimana di tujukan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian mendampingi anak-anak melaksanakan dalam hal pelatihan dan pendampingan Literasi dasar dan juga alat peraga", tandasnya.


Kegiatan tersebut turut hadir bersama Ketua RT setempat, para orang tua di sekitar TBM cendekiawan, dosen Institut Pendidikan SoE, serta pegiat literasi.Rudi


( Okha/XD*)

×
Berita Terbaru Update