Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Soal Bank NTT! Kompak Indonesia Desak Copot Kepala BI dan Ketua OJK Perwakilan NTT

Rabu, 01 Februari 2023 | 11:04 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-01T15:05:09Z
Xdetiik


XDetiik.com, JAKARTA - Dinilai belum melakukan tindakan nyata dan tegas terhadap bank NTT yang sedang dililit sejumlah masalah, Koalisi Masyarakat Pemberantasan Korupsi Indonesia (KOMPAK Indonesia) mendesak agar Kepala Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTT dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTT segera dicopot dari jabatannya.


Hal tersebut disampaikan Ketua KOMPAK Indonesia, Gabriel Goa kepada tim media, pada Rabu, (01 /2/2023).


"Terpanggil untuk menyelamatkan NTT maka kami dari KOMPAK INDONESIA, mendesak Ketua dan Pimpinan OJK untuk segera copot Kepala Perwakilan OJK NTT dan mendesak Gubernur BI untuk segera copot Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT," tegas Gabriel.


Ketua KOMPAK Indonesia juga menyoroti pernyataan Ketua KADIN NTT,Bobby Liyanto dan Kepala Perwakilan OJK NTT yang menyatakan Bank NTT Sehat dan Sangat Kuat. 

Menurutnya, pernyataan tersebut harus diimbangi dengan bukti-bukti akurat tidak sekedar memberikan pujian karena ada apa-apanya dengan Bank NTT, sebab faktanya ada sejumlah masalah yang sedang melilit bank NTT.


"Fakta membuktikan Bank NTT sedang berhadapan hukum akibat kredit macet, gugatan hukum PMH oleh mantan Dirut Bank NTT, kritik tajam mantan Dirut Bank NTT soal manajemen pimpinan Bank NTT dan gugatan hukum perburuhan salah satu karyawan Bank NTT, serta teguran Bank Indonesia terkait produk-produk ilegal Bank NTT yang hingga kini belum ada tindakan nyata dari Bank Indonesia Perwakilan dan OJK Perwakilan NTT" tegas lagi, Gabriel.


Tak hanya itu, Menurut Gabriel Goa, fakta lain membuktikan bahwa ada kasus/ masalah lain yang sedang menggerogoti Bank NTT seperti kasus MTN dan perjalanan dinas yang fantastis.


Selanjutnya, ia menilai bahwa DPRD NTT sudah responsif hanya belum pada langkah konkret meminta pertanggungjawaban Gubernur NTT dan Dirut Bank NTT. Oleh karena itu, KOMPAK Indonesia mendesak DPRD NTT untuk segera melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) khusus, untuk meminta pertanggungjawaban Gubernur NTT dan Dirut Bank NTT sebelum Bank NTT bangkrut. 


Selain itu, KOMPAK Indonesia meminta Kajati NTT untuk serius dalam memproses hukum kasus Bank NTT bukan mempetieskannya. Lebih lanjut KOMPAK Indonesia juga mengajak solidaritas masyarakat, Mantan Komisaris dan Dirut Bank NTT yang memiliki integritas dan bersih, bersama Pers serta Penggiat Anti Korupsi untuk bersama-sama segera melapor ke OJK dan KPK RI. 

(XD/tim**).

×
Berita Terbaru Update