Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

HMP Prodi PLS Undana Gelar Kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa, ini Tujuannya

Minggu, 19 Juni 2022 | 10:49 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-19T14:51:13Z
XDetiik
Foto sedang berlangsung kegiatan PKM

XDetiik.com, KUPANG - Program Studi (Prodi) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) merupakan salah satu prodi yang berada di Kampus Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, tepatnya di Kampus PGSD Walikota.


PLS sendiri merupakan salah satu prodi yang belum dikenal oleh masyarakat luas karena itu dengan berbagai kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk memperkenalkan prodi PLS itu sendiri kepada masyarakat luas.


Oleh karena itu melalui Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) menggelar kegiatan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dengan tema "Penguatan Karakter Mahasiswa Melalui Pekan Kreatifitas Mahasiswa, Menjadikan Mahasiswa Yang Jujur, Religius, Toleran dan Disiplin Menuju Generasi Yang Unggul"


Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 17-18 Juni 2022 dengan berbagai kegiatan seperti lomba tarian kreasi daerah, fashion show, dan karya tulis ilmiah serta materi oleh Dosen dan Alumni PLS. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Mikro Teaching Kampus PGSD. Sabtu, (18/06/2022).


Salah satu Dosen Prodi PLS. Yosephina K. Sogen, kepada Media menyampaikan, kegiatan ini terus berlanjut dalam bentuk apapun dan juga membantu mahasiswa untuk lebih kreatif, inovatif, dan sadar untuk mengenal dan mengembangkan budaya-budaya daerah di seluruh NTT.

"Saya sebagai dosen berharap kegiatan ini terus berlangsung dalam bentuk apapun seperti PKM, Festival dan berbagai kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa agar lebih kreatif sadar akan budaya sendiri, berorganisasi dan juga berkreatifitas besama-sama bagi penguatan karakter mahasiswa sebagai pencinta budaya dan pecinta seni, kami semua berharap agar mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan tidak hanya yang mengikuti lomba tetapi ada juga tambahan seperti lomba makanan seperti kuliner NTT atau apa saja yang bisa di padu padankan dalam satu acara untuk kemajuan daerah NTT," ungkap Yosephina.


Lanjutnya, ia meminta kepada masyarakat secara umum untuk lebih mengenal prodi PLS itu seperti apa sehingga masyarakat jangan bingung mengenai apa itu PLS.

PLS itu adalah prodi yang memacu seseorang untuk bisa membuka lapangan pekerjaan dan juga bekerja tanpa harus bergantung pada siapapun dan juga mengandalkan pemikiran atau intelektualnya saa tetapi kreatifitas itulah yang paling penting untuk membantu melihat masyarakat atau memberikan sumbangan yang besar bagi pendidikan khususnya pendidikan Nonformal di Kupang Maupun di NTT," jelas Dosen PLS itu


Menurut Noviana Fore, selaku ketua panitia kegiatan PKM menuturkan bahwa dalam kegiatan PKM ini berlaku untuk dua semester yaitu semester dua dan empat kegiatan ini juga digelar oleh HMP Pendidikan Luar Sekolah dengan tiga mata lomba yaitu tarian kreasi, fashion show dan karya tulis ilmiah.

"Pada tahun-tahun sebelumnya kita juga lakukan kegiatan yang sama, tatapi dalam dua tahun terakhir ini kegiatan ini terhenti karena terkendala oleh Covid-19 sehingga pada tahun ini baru kegiatan ini bisa digelar kembali untuk megembangkan kreatifitas mahasiswa di bidang seni, budaya dan bidang lainnya," tutur Noviana


Noviana juga menjelaskan bahwa kegiatan ini terhenti sejak tahun 2019 ketika ia masih di semester dua dan waktu itu dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

"Pada tahun 2019 waktu itu angkatan kami kegiatan PKM ini dilakukan oleh HMJ tetapi pada tahun 2020-2021 di berhentikan karena Covid, tetapi sekarang kembali digelar oleh HMP karena dalam HMP itu sendiri ia bergerak secara independen tanpa ada pembina dari dosen, dan kegiatan ini juga sebagai kegiatan perdana yang dilakukan oleh HMP PLS," pungkas mahasiswa semester VI itu.


Novi juga berharap agar program ini terus berjalan kedepannya, karena dengan program ini kita bisa mengetahui potensi dari setiap mahasiswa baru atau setiap mahasiswa yang mau mengenal talenta dan mengembangkan talenta yang ada dalam diri mereka sendiri.


 (KMT/XD**)

×
Berita Terbaru Update