Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tak Hanya Di Kampus! Mahasiswa STIKes Nusantara Lakukan Pemeriksaan Kesehatan bagi Masyarakat di CFD

Selasa, 17 Oktober 2023 | 11:34 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-17T03:35:38Z
xdetiik


XDetiik.com, KOTA KUPANG - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Nusantara Kupang tak hanya belajar di Kampus, namun didampingi sejumlah Dosennya, hadir dalam Car Free Day (CFD) dengan melayani pemeriksaan Kesehatan bagi masyarakat Kota Kupang. Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 100 Mahasiswa mewakili tiga Program Studi (Prodi) dengan tema " seribu langkah menuju masyarakat sehat bersama lansia" yang diusung oleh Prodi S1 Gizi.


Hal ini disampaikan oleh Ketua Prodi S1 Gizi, Nomensen Banunaek melalui Pembantu Ketua III (PK3) bagian Kemahasiswaan, Maria Selviana Joni bersama mahasiswa STIKes Nusantara Kupang dan dosen lainnya  usai kegiatan tersebut dalam CFD di El Tari Kupang pada Sabtu, (14/10/23).


"Hari ini kami bersama mahasiswa yang berkolaborasi mewakili tiga Prodi, yakni Prodi Gizi, Perawat dan Bidan juga jajaran dosennya turun ke CFD bagikan brosur atau poster tentang Gizi kepada Lansia (Lanjut Usia) juga pelayanan Pemeriksaan Kesehatan," ujarnya.


xdetiik


Ia menjelaskan bahwa kegiatan hari ini khususnya untuk tensi, yang dilakukan oleh prodi Kebidanan dan Keperawatan. Sedangkan Prodi Gizi membagikan leaflet tentang gizi dari lansia.

"Hal ini kami lakukan untuk membina mental dari mahasiswa agar terbiasa dan mengetahui bahwa di pelayanan kesehatan itu bukan hanya pada anak-anak dan orang dewasa tetapi lansia juga membutuhkan  perhatian dari seluruh lapisan masyarakat. Tentu ini juga pengaplikasian dari mata kuliah yang mahasiswa mereka sudah dapatkan di Kampus," jelas Nomensen melalui PK3 di STIKes Nusantara Kupang itu.


Ia juga berharap kegiatan demikian tidak hanya dilakukan hari ini saja namun terus berlanjut.
"Harapan saya, semoga kegiatan ini masih terus berlanjut dan mahasiswa kami makin kuat, makin tangguh untuk melayani masyarakat lebih luas lagi. Tidak hanya di lingkup CFD ini tetapi di seluruh lapisan Nusa Tenggara Timur, Indonesia, bahkan Internasional kalau memungkinkan," harapnya.

xdetiik

Sementara itu, dua (2) mahasiswi Prodi DIII Kebidanan, semester V (lima), Mirna Safranova Asal Rote Ndao dan Rambu horu mangu asal sumba timurr itu  senada menyampaikan bahwa hadir di CFD dengan melayani pemeriksaan kesehatan bagi masyarkat.
"Hari ini Kami hadir disini melakukan kegiatan secara random dengan melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu ada tensi darah maupun sosialisasi pentingnya kesehatan bagi masyarakat melalui brosur yang kita bagikan," ujarnya.

Selain itu, kata Mirna dan Rambu Horu, melalui kegiatan ini, senang bisa mengaplikasan pengetahuan yang diperolehnya di Kampus.
"Kami mengaplikasikan apa yang kami peroleh dari Kampus untuk disini, ternyata disini banyak masyarkat yang antusias untuk ditensi bahkan ada yang meminta dicek gula daranya. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk kedepannya terus melakukan kegiatan ini," pintanya.


xdetiik

Menurut milan Kial, Prodi S1 Keperawatan mengaku bersyukur dterlibat dalam kegiatan tersebut.
"Kami bersyukur bisa apliaksikan ilmu yang kami dapat dengan bersosialisasi dan juga senang membantu banyak orang disini untuk memahami pentingnya akan kesehatan," ujar Milan, bergembira.


xdetiik

Selanjutnya, Avila juliana putri dari Prodi S1 Gizi, semester III (tiga) juga mengaku senang bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperolehnya.
"Disini kami aplikasikan materi yang didapatkan di Kampus dengan melakukan penyuluhan kepada masyarakat juga dibagikan leaflet tentang pentingnya gizi," tuturnya.

Mahasiswi Prodi Gizi itu juga berharap STIKes Nusantara lebih maju lagi kedepannya.
"Kami berharap lebih maju lagi, STIKes Nusantara bisa melayani masyarakat lebih luas lagi," harap Mahasiswi asal Jawa Timur itu.

Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Yayasan kunci ilmu yang sangat peduli dengan kesehatan khususnya para lansia.

xdetiik

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Prodi S1 Gizi STIKes Nusantara Kupang yang diwakili oleh PK III, Maria Selviana Joni dan jajaran dosen lainnya serta sebanyak 100 mahasiswa/i mewakili ketiga Prodi tersebut.


Diketahui, STIKes Nusantara Kupang memiliki empat Prodi. Pertama, Prodi S1 Keperawatan. Kedua, Prodi D III Kebidanan. Ketiga, Prodi Gizi dan keempat, Prodi Profesi Ners.
Kampus STIKes Nusantara Berlokasi di Jl. Frans Seda No.17, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Samping kana Rumah Sakit Kartini Kupang.

×
Berita Terbaru Update