Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Prodi Teknik Mesin Undana Tandatangani PKS dengan Desa Oetete, ini Tujuannya.

Minggu, 06 Agustus 2023 | 9:16 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-06T13:16:54Z
Xdetiik


XDetiik.com, OELAMASI - Program Studi (Prodi)  Pendidikan Teknik Mesin (PTK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang, sebagai mitra Desa binaan. Kerja sama ini terus terjalin hingga lima tahun.


Demikian disampaikan, Koordinator Prodi Pendidikan Teknik Mesin Dr. Fahrizal, S.Pd.,MP dalam sambutannya di kantor Desa Oeteta pada Jumat, (04/8/2023).


"Dengan adanya perjanjian kerja sama dengan Desa Oeteta dapat terus terjalin hingga masa 5 tahun mendatang dan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan boleh terlaksana," jelas Dr. Fahrizal.


Dr. Fahrizal juga berharap, melalui program pengelasan ini peserta setidaknya mengelas dengan baik dan menghasilkan produk sesuai pesanan. 

"Untuk meningkatkan kemampuan pengelasan mereka, maka pelatihan harus terus dilakukan agar benar-benar mahir dan mampu memenuhi kebutuhan pasar," harapnya.


Sementara itu, Kepala Desa, Yakob Melkias Tafae mengucapkan rasa terima kasih kepada Pendidikan Teknik Mesin Undana karena telah menandatangani perjanjian kerja sama tersebut. 

"Dengan adanya kerja sama yang telah ditandatangani dengan pihak Pendidikan Teknik Mesin Undana ini benar-benar menjadi perhatian bersama bagi kami Pemerintah Desa (Pemdes), dan pihak Undana. Kami menyadari betapa pentingnya Pendidikan Teknik Mesin dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia di desa. Dengan adanya kesempatan ini kami yakin akan membuka pintu maupun peluang dan kemajuan bagi warga desa," ucap Yakob


Pendidikan Teknik Mesin Undana, lanjutnya, merupakan salah satu bidang yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi dan industri di era teknologi saat ini.

"Dengan adanya dukungan dari pihak Undana, melalui Program Studi Pendidikan Teknik Mesin  ini akan memberikan bekal yang memadai bagi generasi muda di desa kami untuk menghadapi tantangan masa depan," kata Yakob.


Yakob juga berharap tak hanya sekadar tanda tangan di atas kertas, tetapi menjadi sebuah komitmen nyata dalam mendukung kelancaran kegiatan.

"Semoga kerja sama ini tidak hanya di atas kertas tetapi sebagai komitmen nyata dan kepedulian serta dukungan dari pihak Undana sangatlah berarti bagi kami, karena ini menunjukkan bahwa potensi dan kebutuhan masyarakat desa kami mendapatkan perhatian dari pihak lain," harapnya.


Selanjutnya, Ketua Panitia (Kepan) Dr. Sealtial Mau, S.T., M.T. Menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan disambut baik oleh pihak desa yang bermuara kepada Perjanjian Kerja sama. 

"Adapun kesepakatan ini dibuat karena manfaat yang diterima masayarakat desa cukup menyentuh dan berharap terus ada pengotrolan dan kegiatan lanjutan lainnya di masa yang akan datang," ujar Kepan Asal Program Studi Pendidikan Teknik Mesin itu.


Diakhir kegiatan juga Dr. Sealtial Mau menyampaikan isi kesepakatan perjanjian kerja sama, sebagai berikut : 

1. membantu memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat desa agar dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan Teknik Pemesinan;

 2. Untuk memberdayakan masyarakat Desa Oeteta agar lebih mandiri dan mampu mengatasi masalah sendiri; dan 

3. Untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman antara masyarakat Desa Oeteta dan kampus Pendidikan Teknik Mesin, sehingga terjadi pembelajaran timbal balik dan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya dan kehidupan di kedua belah pihak. 

Dapat di ketahui Bahwa Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Kepala Desa Oeteta, Yakob Melkias Tafae dan Koordinator Prodi Pendidikan Teknik Mesin Undana Dr. Fahrizal, M.P., disaksikan oleh Ketua Pelaksana PKM Dr. Sealtial Mau, S.T., M.T. saat itu, juga di hadiri oleh Para Dosen Pendidikan Teknik Mesin Undana Dr. Edy Suprapto, S.Pd.,MP dan Wofrid Bianome,S.Pd.,MP.


Xdetiik


Diketahui peserta yang menghadiri acara tersebut berjumlah sepuluh (10) orang.

(R/Y/XD**).
×
Berita Terbaru Update