Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringati Hari Anak Nasional ke-39, DPD P2PAUD NTT Gelar Kegiatan Kreativitas Anak

Jumat, 28 Juli 2023 | 2:52 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-28T08:47:15Z


XDetiik.com, KOTA KUPANG - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan  Penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (P2PAUD) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan salah satunya kreativitas anak dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ke-39.


Demikian disampaikan Ketua DPD P2PAUD NTT, Karolina M.A. Ondok Lana kepada media ini seusai kegiatan kreatifitas anak di halaman depan Kantor Gubernur pada Jumat, (28/7/2023).


" Kami menyelenggarakan kegiatan-kegiatan, salah satu adalah Lomba Kreatifitas Anak, estafet mengisi bola kedalam keranjang," ujar Karolina.


xdetiik
Foto Ketua DPD P2PAUD NTT. Karolina M.A. Ondok Lana.

Ia juga menjelaskan bahwa bahan yang digunakan dalam lomba tersebut murah meriah, namun dilain sisi lebih melihat kebersamaan anak-anak berada di situ, lalu dilihat tingkat kreatifitasnya juga rasa sukacita anak-anak dalam kegiatan ini.


Selain itu, Karolina mengatakan peserta atau anak-anak yang mengikuti kegiatan ini ternyata melampaui target, luar biasa semangat mereka.

"Target 500 anak dalam kegiatan ini, namun ternyata yang mendaftar hingga pagi tadi menjadi 960 anak dengan rincian ; 34 dari Kota Kupang dan 2 TK/Paud dari Kabupaten Kupang. Hampir dua kali lipat target. Hal ini menunjukan sebetulnya rasa keinginan anak-anak sangat tinggi untuk ikut berkumpul bersama dengan kegiaitan-kegiatan demikian," beber Ketua DPD P2PAUD NTT.


Dalam lomba kreativitas anak ini, lanjut Karolina, ada hadiah-hadiah juga ada makanan-makanan tambhan gizi untuk anak yang diberikan. 


Karolina juga menerangkan bahwa memilih tempat kegiatan di depan Gedung Sasando (Kantor Gubernur NTT, red) agar mempublikasikan keberadaan P2PAUD karena dahulu namanya Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) yang kini pada bulan februari 2023 sudah berganti nama dan telah dilegalkan pada 05 juli 2023 dengan nama P2PAUD. Selain itu juga agar anak-anak dapat termotivasi sendiri dengan berada dalam kegiatan di depan gedung ini. Tak lagi membeda-bedakan antara sesama.

"Oleh karena itu bergeser, paradigmanya juga tentu akan berubah karena kami mensosialisasi dan harus ada Anggaran Dasar Rumah Tangganya (AD ART) dan harus ada satu pemahaman yang sama dahulu. Kita koordinasi dengan pusat supaya dokumen-dokumennya lengkap baru kita berani sosialisasikan ke DPC atau di Kabupaten," terangnya.


Lain dari pada itu, Karolina juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, ada Sekretaris Daerah (Sekda NTT) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya maupun semua pihak non pemerintah yang telah ikut mendukung kegiatan ini hingga terlaksana hari ini dan selesai dengan lancar. Sehingga hari ini sudah banyak yang mendengar dan memahami tentang P2PAUD yang menjadi tujuan kegiatan ini.


Tambah Ketua DPD bahwa "Tadi hadir Pak Sekda, Kosmas Damianus Lana juga dalam sambutannya juga memberi motivasi luar biasa bagi Guru-guru, Orang Tua maupun anak-anak. Sungguh kepedulian Pak Sekda luar biasa hingga kegiatan ini selesai," katanya.


Ia berharap kedepan terus mendapatkan dukungan dari senua pihak.

"Kami berharap ke depannya semua pihak, baik pemerintah maupun lembaga-lembaga non pemerintah yang mengurusi anak, ada orang tua juga sehingga mungkin kegiatan-kegiatan kedepan bisa ringan tangan kut mendukung kegiatan kami. Dan berharap bagi orang tua juga perhatikan pemenuhan gizi anak-anak" harapnya.


xdetiik
Foto Ketua Panitia, Angela D. Lusi

Sementara itu, Ketua Panitia (Kepan), Angela D. Lusi menuturkan bahwa baru kali ini mengadakan kegiatan tersebut di halaman depan Gedung Sasando ini.

"Baru kali ini kita lakukan kegiatan disini, sebelumnya di Dharma wanita yang di dalam gedung. Baru kali ini Provinsi adakan disini yang lebih luar biasa dari sebelum," ujar Angela.


Angela juga membenarkan bahwa kegiatan tersebut tujuannnya juga adalah untuk menyenangkan anak-anak.
"Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyenangkan anak-anak. Karena sejak covid mereka kan tak pernah ikuti kegiatan seperti ini. Jadi ketika kita masukan informasi di grup langsung disambut dan ini TK-TK binaan semua," katanya.


Kepan juga mengucapkan terima kasih keçada Ibu Ketua DPD,

"Sangat berterima kasih kepada Ibu Ketua DPD yang sangat luar biasa bimbingannya hingga kegiatan-kegiatan boleh berjalan lancar. Dan luar biasa kehadiran peserta membludak lebih dari yang ditargetkan. Namun kebijakan dari Ibu Ketua menerima semua dan akhirya juga selesai dengan baik. Bantuannya luar biasa dan juga pihak-pihak di luar sehingga kegiatan ini sukses digelar," imbuhnya. 


Angela juga membeberkan bahwa jaringan yabg luar biasa dari Bapak Sekda dan Ibu Ketua akhirnya senua dapat teratasi. " Karena dana sabgat terbatas, sementara peserta melampaui batas, namun atas berkat kerjasama dapat teratasi semuanya.Kita punya pemimpin yang luar biasa," katanya penuh rasa syukur.


Akhirnya Kepan juga berharap P2PAUD ini bisa dikenal.

"Harapan saya juga tak jauh dari Ibu Ketua, yakni lewat kegiatan ini P2PAUD lebih dikenal di masyarakat. Berhubung telah diubah nama dari GOPTKI ke P2PAUD ini jangan sampai banyak o yang tidak tahu," tutupnya.


(Fiand/XD**).
×
Berita Terbaru Update