Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dosen dan Mahasiswa STIKes Nusantara Kupang Lakukan Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Semau Selatan

Sabtu, 03 Juni 2023 | 10:17 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-03T14:24:12Z
Xdetiik



XDetiik.com, KUPANG - Sebanyak 10 orang Dosen dan rombongan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Nusantara Kupang berjumlah 121 orang yang terbagi dalam program studi (Prodi) S1 Ilmu Gizi, S1 keperawatan dan DIII kebidanan, melakukan Pengabdian masyarakat di Kecamatan Semau Selatan pada Sabtu, (03/6/2023).

Xdetiik



Kegiatan dengan tema ; "Bersinergi mencegah dan mengatasi stunting untuk generasi unggul di provinsi NTT" yang dilakukan di empat titik, yakni ;  di Kantor Camat Semau Selatan, SD Inpres Akle, SMPN 2 Satap dan Pantai Liman.


Penanggung jawab kegiatan, Nomensen Banunaek menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut dilakukan sosialisasi tentang Gizi Lansia.


"Dalam Pengabdian masyarakat ini, kita Sosialisasi tentang Gizi Lansia. Mengingat lansia sering kali dinomorduakan oleh keluarga, padahal masalah kesehatan lansia juga butuh diperhatikan misalnya hipertensi. Oleh karena itu mahasiswa ingin mengingatkan keluarga untuk memperhatikan gizi bagi lansia," kata Nomensen.


Ia juga menyampaikan tujuan kegiatan ini, "Kegiatan ini juga bertujuan melaksanakan preventif dan promotif bagi masyarakat di Kecamatan Semau Selatan. Akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya," jelasnya.


Nomensen juga berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, 
"Harapan kami, semoga ilmu yang kami bagikan bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Semau Selatan, juga kami Keluarga besar STIKes  Nusantara berharap kehadiran kami memang yang pertama tetapi semoga tidak menjadi yang terakhir," harap Dosen STIKes Nusantara Kupang asal TTS itu.


Sementara itu, salah satu Mahasiswa dalam giat tersebut, Defri Taga menuturkan bahwa merasa senang dengan kegiatan tersebut.
"Kami sangat senang dengan kegiatan ini, karena bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, serta bisa terjun langsung meliht kondisi masyarakat di lapngan," ujar mahasiswa Semester VI, Prodi Gizi itu.



Defri juga mengatakan, Terkait stunting, Kabupaten Kupang masih dikategorikan tertinggi berdasarkan SK Bupati Kupang pada bulan april 2023.

"Berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat berperilaku sehat, serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait stunting," harap Defri.


Xdetiik

Diketahui, dalam kegiatan pengabdian ini juga dilakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada sebanyak 106 Kepala Keluarga (KK) yang mengalami stunting, penyuluhan gizi lansia, penyuluhan Kespro, PHBS dan diakhiri dengan pembersihan pantai Liman. 


Xdetiik

Hadir dalam Kegiatan pengabdian ini, Camat Semau Selatan, Nithanel Thene SH. Kapolsek Semau Selatan, Kepala puskesmas Akle dan Aparat Desa, Dosen bersama mahasiswa STIKes Nusantara Kupang terkait, juga dihadiri oleh masyarakat semau selatan yang mengalami stunting. 

(M/XD**).
×
Berita Terbaru Update