Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Momen KTT ASEAN nanti, Dipersiapkan Baju Tenun NTT untuk 11 Kepala Negara ini

Selasa, 02 Mei 2023 | 11:49 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-02T16:23:30Z
Xdetiik


XDetiik.com, KOTA KUPANG - Baju Tenun asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dipersiapkan untuk diberikan kepada sebanyak 11 Kepala Negara Anggota ASEAN, selain Indonesia, yakni : Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Laos dan Timor Leste.


Demikian disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Nae Soi kepada Media saat Jumpa Pers di Kantor Gubernur pada Selasa, (02/5/2023).


"Semua Kepala Negara (11) akan diberikan Baju Tenun dari NTT yang telah disiapkan oleh ibu Julie Sutrisno Laiskodat," beber Josef.


Baju Tenun tersebut akan diberikan kepada 11 Kepala Negara dalam momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ke-42 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-11 Mei di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.


Josef juga mengaku Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT telah menyiapkan Cendera mata. 

"Kita juga menyiapkan Cendra Mata untuk para delegasi. Cendera mata yang pertama tentu berupa souvenir-souvenir, foto dan sebagainya," kata Nae Soi


Wagub NTT itu mengatakan akan berikan kepada tamu souvenir juga,"tak kalah pentingnya kita akan berikan juga kepada tamu kita, souvenir berupa sepeda bambu made in Nusa Tenggara Timur." ujarnya.


Selain itu, Wagub JNS juga beberkan akan memyambut tamu dengan tarian, "Kita akan menyambut kedatangan tamu, Kepala Negara dan para Delegasi dengan tiga jenis tarian yang telah disiapkan, yakni : Tarian Tiba Meka, Tarian Rangkuk Aluk dan Tarian Caci," bebernya


Wagub Josef juga menuturkan bahwa masyarakat harus tahu, "mengapa pentingnya KTT ASEAN ini dan kita persiapkan semua untuk menerima mereka (tamu, red) sampai begitu luar biasa, untuk KTT ASEAN sekarang ini, karena kita Tuan Rumah Ketua ASEAN dan sudah memilih tema : 'Epicentrum of Growth Ekonomi," imbuhnya.


Menurutnya, 'Epicentrum of Growth Ekonomi' yang berarti bahwa "Kita mau membuat ASEAN ini sebagai satu Negara resiliansi dari suatu negara untuk menerima tantangan-tantangan yang akan datang seperti sebelum keadaan yang terjadi sekarang ini. Tantangan seperti covid-19, resesi ekonomi maka secara spsikologis emosional kita harus menyiapkan diri dengan menggunakan kata resiliansi."


Nae Soi menerangkan Dalam KTT ASEAN nanti juga sebagaimana memperkuat sistem ekonomi di pusat di Indonesia dan di ASEAN untuk diperkenalkan ke seluruh dunia bahwa ASEAN ini menjadi pusat perekonomian yang luara biasa.


Josef juga menekankan, "Kita harus menerima tamu-tamu kita denganbaik. Kegiatan ini pasti akan mendapatkan dampak yang luar biasa," tegasnya.


Orang nomor dua di NTT itu juga mengatakan, yang datang nanti rombongan dari seluruh ASEAN itu selain Kepala Negaranya kurang lebih 550 orang delegasinya. "Yang hadir tersebut baik show, bisnis, maupun kegiatan-kegiatan  lain ke pariwisata dan sebagainya. Belum termasuk mereka-mereka yang dari lokal," ujar Wagub.


Wagub Nae Soi menjelaskan bahwa Efek dari kehadiran kepala negara yang akan menjadi lebih hebat marketingnya disitu. Bahkan homestay-homestay juga kami sudh siapkan. Penting tamu-tamu kita harus happy.

(Fiand/XD**).

×
Berita Terbaru Update