Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

UKAW Gandeng Pemuda GMIT Melakukan Pemberdayaan Melalui Pembuatan Keripik Gedebog

Kamis, 09 Maret 2023 | 7:05 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-09T11:05:30Z

 



XDetiik.com, OELAMASi -  Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemuda maka dilakukan kegiatan pemberdayaan pemuda gereja melalui pembuatan keripik gedebog pisang. Kegiatan tersebut berlangsung pada pukul 11:00 sampai dengan 16:30 Wita, yang bertempat di GMIT Mizpa Tetebudale, Desa Pukdale, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. Pada kamis (09/032023).


Kegiatan pemberdayaan pemuda gereja tersebut  adalah Program Kemitraan Masyarakat yang merupakan Kerjasama dari Universitas Kristen Artha Wacana Kupang (UKAW) dengan Desa Pukdale melalui panitia KBPM semester Ganjil Tahun Ajaran 2022 /2023.

Pada kegiatan  pemberdayaan tersebut para pemuda bersama mahasiswa KBPM dan dosen pendamping lapangan sama-sama melakukan praktek uji coba pembuatan keripik gedebog pisang, dan semua peserta yang hadir sangat antusias dalam mengikuti kegiatan hingga selesai.


Margarethy R. Mbado, SE., MM, selaku dosen pendamping lapangan mengatakan bahwa kegiatan pemberdayaan pemuda gereja sangat penting karena potensi yang dimiliki setiap pemuda sangat luar biasa oleh karena itu harus di kemas dengan baik maka akan mampu bersaing.


" Ini sangat penting bagi pemuda karena pemuda memiliki potensi yang luar biasa dan apabila di kemas dengan baik akan mampu bersaing, sehingga dibutuhkan program-program yang bisa membekali pemuda agar lebih produktif khususnya didalam membantu UMKM dalam menjalankan usahanya, Ungkapnya.


Dosen pendamping tersebut juga menambahkan bawah, Kegiatan pemberdayaan itu juga mendapatkan informasi,manajemen dan menambah pemahaman terhadap pemuda.


Pemberdayaan ini, selain mendapatkan informasi tentang manajemen usaha, Para pemuda juga diberi pemahaman tentang manfaat dan kandungan yang terdapat didalam batang pisang sehingga batang pisang layak untuk dijadikan keripik gedebog pisang yang bisa diapasarkan," Jelasnya.


 Mbado juga kembali  berharap agar dengan kegiatan tersebut dapat membantu pemuda untuk mengembangkan usaha yang telah ada.


Harapan kita adalah pemuda dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usaha yang telah ada sehingga pelaku UMKM yang ada di Desa Pukdale tidak hanya sekedar memiliki usaha yang bisa mendatangkan keuntungan tetapi bisa mengelolah usahanya dengan benar dan memiliki kreativitas produk dari kekayaan alam yang dimiliki," Harapnya.


( Okha/XD**)


×
Berita Terbaru Update