Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Alat Deteksi Virus Demam Babi Afrika, Sampai di NTT

Rabu, 08 Februari 2023 | 4:32 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-08T08:42:30Z
Xdetiik
Foto :  XDetiik.com. (Oskar)

XDetiik.com, KOTA KUPANG - Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) Menerima bantuan alat diagnostik loop mediated  isothermal amplification ( LAMP) untuk mendeteksi virus Demam Babi Afrika ( ASF ) diwilayah NTT. 

Alat tersebut merupakan bantuan dari pemerintah canberra Australia melalui Partnership for Promoting Rural Incomes through Support for Markets in Agriculture (PRISMA) NTT dan Program Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP). Bantuan tersebut diserahkan oleh tim Prisma yang disaksikan langsung oleh wakil gubernur NTT, Josef Nae soi dengan sejumlah pejabat lainnya, Di ruang rapat gubernur. Pada selasa, (07/02/2023).

Dari pantauan Media ini yang menyerahkan bantuan tersebut Direktur program AIHSP Jhon leigh dan Ceo prisma, Nina fits. Bantuan tersebut diterima oleh kepala dinas peternakan NTT yang saksikan oleh wakil Gubernur NTT Josef Nae soi.

Disela- sela itu wakil Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Prisma yang sudah membantu NTT.

" Saya berterima kasih kepada Prisma yang sudah memberikan alat deteksi untuk NTT, Semoga Dengan alat ini kita harus mempergunakan dengan baik sehingga bisa mengurangi virus demam babi  afrika," ujarnya.

Wakil Gubernur juga berharap agar dengan bantuan alat diagnostik loop mediated Isothermal Amplification  ( LAMP)  bisa bermanfaat bagi masyarakat NTT Kususnya para peternak.

" Saya harap dengan alat ini bisa menjawab keluh kesa masyarakat terhadap virus ASF yang sedang melanda NTT, Semoga bisa bermanfaat, " harapnya.

Sementara itu Ceo Prisma, Nina Fits menyampaikan bahwa ini hanya untuk wilaya NTT yaitu pulau Sumba,Flores dan timor.

" Bantuan ini hanya di NTT yang meliputi tiga wilayah yaitu Sumba, Flores dan timor dan itu akan dibantu oleh pemerintah Australia kedepan namun pemerimtah NTT harus melakukan pengadaan terhadap Stripnya" Tandasnya.

(O/R/XD**).

×
Berita Terbaru Update