Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PKBI Gandeng KPA NTT Beri Dukungan Psikologis bagi ODHA & OHIDA Dalam Momen HAS

Senin, 05 Desember 2022 | 7:48 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-04T23:50:15Z
XDetiik
Foto sedang dimulai kegiatan dengan beri dukungan Psikologis bagi ODHA dan OHIDA dalam momen Hari AIDS Sedunia.

XDetiik.com, KOTA KUPANG - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTT bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Nusa Tenggara Timur serta Psikolog Klinis, dalam rangka memeriahkan Hari AIDS Sedunia (HAS) pada 1 Desember lalu, menyelenggarakan kegiatan dengan tema "Satukan langkah Cegah HIV – Semua Setara Akhiri AIDS"

Kegiatan ini berlangsung pada pukul 11:00 -  16:00 Wita, yang bertempat di Kantor PKBI NTT pada Sabtu, (3/12/2022).


Semakin meriah, Rangkaian perayaan Hari AIDS Sedunia sebagai momentum pertemuan perwakilan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) maupun Orang hidup dengan AIDS (OHIDA) dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan Belu. dengan bertajuk ; "Kesehatan Mental bagi ODHA dan OHIDA" sehingga bukan saja adanya diskusi tetapi juga adanya sesi konseling bersama dengan Psikolog klinis.


Koordinator Project Respond PKBI NTT Kostan Lopo, menyampaikan,

"Tidak hanya itu, anak- anak yang hadir pun juga diberikan edukasi sekaligus bermain bersama dengan teman-teman Remaja PKBI meliputi storytelling, mewarnai serta bermain ular tangga berkaitan dengan HIV dan AIDS," ujar Lopo.


Kostan juga menuturkan bahwa kegiatan ini menjadi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak ODHA mendukung OHIDA dalam hidup berdampingan dengan ODHA serta mendapatkan dukungan untuk kepatuhan minum obat dan kesiapan akses layanan kesehatan bagi ODHA.

"Semua perwakilan yang hadir sangat antusias dan merasa mendapat dukungan dalam mengikuti kegiatan ini, yang dibuktikan dengan respon baik selama berlangsungnya kegiatan ini," ujarnya lagi.


Selain itu, Ia juga berharap agar pertemuan itu mendapatkan dukungan psikolog.

"Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi ruang  atau pertemuan bagi ODHA maupun OHIDA untuk mendapatkan dukungan psikologis dari psikolog klinis serta bisa saling berdiskusi dan mengenal satu dengan yang lain dan kemudian menimbulkan adanya support system atau perasaan memiliki,"  Harap Kostan yang juga merupakan Putera asal Kabupaten TTS itu.


XDetiik
Foto bersama usai kegiatan.


Diketahui, 

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari ODHA Anak, OHIDA, dan ODHA Dewasa dengan narasumber Dian Lestari Anakaka, M.Psi, Psikolog, Juliana Marlyn Benu, M.Psi, Psikolog serta Fasilitator dan Tim Respond PKBI NTT selain itu juga dihadiri oleh Remaja PKBI NTT, Pengurus PKBI NTT serta Perwakilan dari KPA Provinsi NTT.

(Oskar/XD**).

×
Berita Terbaru Update