Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Dies Natalis ke-XIV, PERMABI Kefamenanu Lakukan Penghijauan di Biboki, TTU

Minggu, 04 Desember 2022 | 10:09 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-04T02:09:43Z

 

XDetiik
Foto bersama di Lokasi Kegiatan, di Desa Upfoan, Kecamatan Biboki, TTU.

XDetiik.com, KEFAMENANU - Menyambut Dies Natalis ke-XIV (14), Persatuan Mahasiswa Biboki (PERMABI) Kefamenanu melakukan penghijauan di Desa Upfaon, Kecamatan Biboki  Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada Sabtu, (03/12/2022).


Kegiatan ini merupakan salah satu program rutinitas di Organisasi PERMABI Kefamenanu.


Ketua Panitia (Kepan) Dies Natalis ke-XIV, Lusianus Oni Lalian kepada media, menjelaskan bahwa tujuan dari Reboisasi ini adalah Menyongsong Dies Natalis PERMABI Kefamenanu melakukan reboisasi/ penghijauan di Kecamatan Biboki Selatan secara khusus di Desa Upfaon.

"Hal ini dilakukan guna peduli terhadap lingkungan alam, karena melihat alam memiliki fungsi sebagai satwa marga, sebagai sarana wisata dan juga sarana penyimpanan air. Oleh karena itu, PERMABI Kefamenanu memilih melakukan reboisasi di desa upfaon karena melihat upfaon memiliki potensi yang sangat besar dalam memproduksi sumber air," jelas Kepan.


Lusianus juga menyampaikan bahwa reboisasi ini juga menjadikan sumber mata air yang ada semakin produktif,

"Dilakukannya reboisasi ini juga guna menjadikan sumber mata air yang berada di desa upfaon semakin produktif sehingga dalam penyaluran sumber air mampu menyeimbangi kebutuhan sumber air di Desa Upfaon," beber Kepan.

Ungkap Kepan, Tujuan lain reboisasi ini sebagai penghijauan kasih oleh karena kegiatan yang dilakukan ini selain bermanfaat bagi alam yang terjaga juga bagi manusia yang peduli terhadap alam.


Reboisasi yang dilakukan di Desa upfaon ialah mampu mumpuni sumber air bagi seluruh masyarakat Biboki Selatan, menjadikan alam Upfaon tetap asrih, serta selalu menggugah setiap manusia dimanapun berada untuk menjaga.  Hal ini juga meningkatkan Debit air dibeberapa tempat yang menjadi lokasi reboisasi hari ini (Mata air Saina, Sakiki, oeliso, dan manumuti).

"Harapan saya semoga yang dilakukan PERMABI hari ini menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara bahwa memotong tidak seindah menanam," harap Oni, sapaan akrabnya.

Oni juga mengajak seluruh elemen masyarakat kabupaten TTU  memanfaat musim hujan ini untuk menanam pohon. Jenis tanaman yang di tanam di beberapa lokasi hari ini berupa Mahoni, jambu air, pinang makan dan beringan sebanyak 1000 pohon katanya.


Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Upfaon Yulius T. Kaesnube dalam sambutan singkatnya Berterimakasih kepada PERMABI Kefamenanu yang telah memilih lokasi ini sebagai lokasi penghijauan. Ja juga menghimbaukan kepada seluruh masyarakat desa Upfaon agar menjaga dan melindungi apa yang telah dilakukan PERMABI Kefamenanu hari ini.


Diketahui, Hadir dalam kegiatan ini, jajaran BPD dan para aparat Desa setempat melakukan penanaman simbolis.

Dan Persatuan Mahasiswa Biboki kefamenanu yang mengikuti giat tersebut sebanyak 62 orang, dengan jumlah Anggota sebanyak 40 orang, Badan Pengurus Harian (BPH) sebanyak 10 orang dan Senior alumni sebanyak 12 orang.

(DA/XD**).

×
Berita Terbaru Update