Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peduli Kemanusiaan, Bonil Lerek Bantu Anak Stunting di Desa Oinlasi dan Kokoi, TTS

Jumat, 11 November 2022 | 9:04 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-11T14:42:05Z
XDetiik


XDetiik.com, SOE - Sebanyak 16 Anak yang Stunting di Desa Oinlasi dan juga 14 Anak Stunting di Desa Kokoi, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), belum lama ini mendapatkan bantuan pasokan nutrisi berupa Telur Ayam dan bibit sayuran.


XDetiik


"Bantuan Telur Ayam sebanyak 1.260 butir dan bibit sayuran (bayam super, terung, lombok, dan sayur manis), diberikan kepada anak-anak yang Stunting di Desa Oinlasi dan Desa Kokoi, sebagai tindakan kepedulian serta kemanusiaan,"

jelas disampaikan Boni Lerek, usai menyalurkan bantuan kepada anak yang Stunting di daerah tersebut pada Selasa, (8/11/2022).


Pria kelahiran Desa Sahan, Kecamatan Nunkolo ini menjelaskan data Stunting pada anak-anak balita di Kabupaten Timor Tengah Selatan, per Agustus 2022, menembus angka 11.642 anak Stunting atau dikisaran prosentase 28,30 persen. sementara khusus kecamatan Amanatun Selatan, jumlah anak Stuntingnya sebanyak 196 orang atau 11, 94 persen.


"Setelah melihat dan membaca angka Stunting tersebut, tindakan keberpihakan kemudian dilakukan dengan partisipasi aktif," terang Boni.


Pola bantuan Telur Ayam bagi pasokan nutrisi kepada anak Stunting dan bibit sayuran yang khusus diberikan kepada orang tua anak Stunting adalah cara sederhana, mendukung program pemerintah daerah mengentaskan Stunting.


"Kalau pemerintah daerah menggunakan pola bantuan tambahan makanan siap saji, maka kita lebih kepada bahan mentahnya. Minimal pola makan anak diatur orang tuanya seturut kadar atau porsi makan setelah mendapatkan petunjuk Nakes, TKD dan PKM Desa setempat," jelas Boni.


Sedangkan bibit sayuran yang diberikan, dimaksudkan agar pekarangan rumah dari orang tua anak Stunting, ditanami tanaman sayur - sayuran untuk persediaan cadangan nutrisi anak Stunting, juga untuk kepentingan peningkatan ekonomi rumah tangga.


"Sebelum bantuan disalurkan, sosialisasi tentang pentingnya nutrisi anak dan pemanfaatan pekarangan rumah menjadi batasan prinsip. Ini penting dilakukan. Saya juga akan kembali mengecek ke rumah orang tua anak Stunting dan memastikan apakah bibit sayuran sudah ditanam di pekarangan rumah masing-masing atau tidak," ujar Boni.


Apresiasi warga anak Stunting juga pemerintah Desa Oinlasi dan Kokoi, atas kepedulian Putra Daerahnya, yang berprofesi wartawan tersebut, dibuktikan dengan kehadiran aparatur desa saat penyaluran bantuan Telur Ayam dan bibit sayuran di sasaran warga anak Stunting Desa Oinlasi pada tanggal 7 November 2022 Sementara khusus Desa Kokoi, saat penyaluran bantuan Telur Ayam dan bibit sayuran, orang tua anak Stuntingnya sangat antusias.

Antusiasme itu pun dibuktikan dengan kehadiran 14 anak Stunting beserta orangtuanya didampingi langsung Nakes, PKM dan TKD bersama aparatur Desa mewakili Kades Yunus Missa. 


"Kami berharap, ini tidak berhenti disini. Kalau bisa ada tindakan berlanjut. Tapi intinya terimakasih Kaka Boni, karena sudah mau berbagi beban dengan kami di Desa. Kami pasti akan selalu mendoakan Kaka Boni dan keluarga," harap Bobi Missa, staf Desa Kokoi.


Terpisah, Kepala Desa Oinlasi Yasri Nomleni yang akrab sapa beserta seluruh perangkat Desa menyampaikan terima kasih tak terhingga sambil menyarankan agar kepedulian terhadap anak - anak Stunting menjadi kepedulian bersama.


"Ini rumah kita bersama, mari Kaka Boni kita bangun kerjasama dengan terus menghargai komunikasi. Kalau Kaka datang kasi bantuan dengan cara yang santun kenapa harus ditolak? Tapi intinya Kaka sudah turun langsung dan lihat kondisi anak-anak Stunting di Desa Oinlasi. Terimakasih Kaka. Tuhan Yesus memberkati," tutup Yasri Nomleni.


Semua orang tua anak Stunting yang diketahui dekat dengan anak Oinlasi asal Kampung Tengah tersebut hanya bisa memohon agar mereka terus diperhatikan.


XDetiik


"Apa yang sudah dibuktikan akan kami ingat selalu. Tapi jangan lupa Kaka Boni tolong perhatikan kami," pinta mereka. 

(**/XD).

×
Berita Terbaru Update