Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

KPA Kota Kupang bersama Mahasiswa FKM Undana Sosialisasi HIV dan AIDS sambil Live Musik

Minggu, 16 Oktober 2022 | 5:25 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-16T10:16:02Z
XDetiik

XDetiik.com, KOTA KUPANG - Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Kupang bersama Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang  Lakukan Sosialisasi HIV dan AIDS dengan live musik di Pantai Nunbaun Dela (NBD).

Hal tersebut dilakukan Untuk meningkatkan Pengetahuan masyarakat kota Kupang tentang HIV dan AIDS.


Demikian disampaikan Sekretaris KPA Kota Kupang, Drs. Yos Rera Beka kepada Media ini, saat kegiatan berlangsung meriah. Sabtu, (15/10/2022).


XDetiik
Foto Sekretaris KPA Kota Kupang, Drs. Yos Rera Beka

HIV dan AIDS di Kota Kupang yang semakin bertambah, dimana total data terakhir kasus HIV hingga april 2022, HIV sebanyak 1.348 dan AIDS sebanyak 482. 

"Dengan bertambahnya kasus maka perlu untuk menyebarkan informasi mengenai HIV, cara penularan, cara mencegah, dan pengobatan agar masyarakat bisa melakukan upaya pencegahan penularan dan jika ada yg terpapar perlu untuk mengikuti pengobatan," jelas Sekretaris KPA Kota Kupang itu.


Drs. Yos juga menjelaskan tujuan kegiatan tersebut bahwa, 

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai HIV.  Ini merupakan kegiatan bersama KPA kota dan Mahasiswa magang dari FKM undana," ungkap Sekretaris KPA.


XDetiik

Tambahnya, Selama magang di KPA Kota Kupang, Mahasiswa FKM Undana melakukan kegiatan sosialisasi face to face di setiap spot-spot yang ada di kota kupang, 

"kegiatan live musik malam ini merupakan model lain dalam sosialisasi HIV dan AIDS agar mudah di terima oleh masyarakat," jelasnya. 


Lanjut Sekretaris KPA menerangkan bahwa, 

"Kegiatan ini merupakan kegiatan swadaya dan diharapkan akan berpindah ke tempat lainnya," terangnya.


Sementara itu, Eleta Malehere, salah satu Mahasiswi Magang, kepada Media XDetiik, menjelaskan bahwa Kegiatan tadi, berawal dari cerita lepas bersama pegawai di KPA Kota Kupang akhirnya merintis kegiatan luar biasa ini.

"Saat dalam bercerita, salah satu teman kita bernama Aldo Lenggu miliki band, sehingga bersama KPA muncul ide dengan live musik sambil bacerita tentang HIV dan AIDS. Karena kegiatan sebelumnya biasa sosialisasi saja tanpa ada live musik," kata Eleta, Mahasiswi FKM Undana Kupang.


XDetiik

Tambahnya, Jadi kita berpikir anak muda biasa nonkrong di tempat yang ada live musiknya, seperti di cafe yang ada live musiknya sehingga kita akhirnya lakukan kegiatan ini, dimana, cerita tentang HIV dan AIDS sambil live musik.

"Jadi sarana hiburannya masuk dan edukasinya juga masuk dan konsepnya ini tidak terlalu berat melainkan lebih kepada sharing, cerita, sehingga sesuai tema Bacarita HIV dan AIDS sambil live musik," terangnya.


Mahasiswi FKM Undana itu juga menjelaskan bahwa Kolaborasi kami dengan KPA, yakni kami (teman Aldo, red) siapkan bandnya dan dari KPA fasilitasi dengan siapkan spanduknya, brosur, leaflet yang  kami butuhkan untuk sharing dengan masyarakat. 

"Kegiatan ini juga spontan saja, persiapan hanya satu minggu, walaupun tidak terlalu maksimal persiapan, tapi syukurlah dengan tema "bacarita HIV dan AIDS dan live musik" ini kami rasa sangat bermanfaat dan bisa dikatakan efektif karena masyarakat yang ada langsung tertuju ke live musiknya. Setelah itu kita bagikan leaflet juga brosur, mereka langsung antusias terima dan bacanya juga ditempat. Ada juga yang berikan pertanyaan, juga merespon dengan baik," ujarnya.


Masih menurut Eleta, Dan kami rasa ini tepat karena disitu banyak pasangan muda, jadi sasaran kita tepat yakni, ke masyarakat umumnya juga kepada pasangan muda yang lagi bermalam minggu.


XDetiik

Kami juga berterima kasih kepada KPA karena dengan adanya kegiatan ini kita semua tahu bahwa HIV dan AIDS sangat berbahaya dan perlu adanya perhatian karena sebagian masyarakat masih menganggap tabuh. 

"Mereka (masyarakat, red) kurang informasi, kurang pemahaman soal HIV dan AIDS. Jadi dengan magang di KPA kita jadi semakin paham sehingga bisa bagikan informasi yang benar kepada masyarakat dan yang terutama keluarga, lingkungan sekitar kita berada," tutupnya.

×
Berita Terbaru Update