Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fakultas Teknik UCB Segera Gelar Seminar Nasional tentang Kegagalan Bangunan dan Konstruksi, Daftar disini

Senin, 15 Januari 2024 | 12:37 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-15T04:37:55Z

Xdetiik
Dekan Fakultas Teknik UCB, Dr. Ir. Andre W. Koreh, MT, IPM, Asean Eng.

XDetiik.com, KOTA KUPANG - Fakultas Teknik di Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang segera menggelar Seminar Nasional pada tanggal 20 Januari 2024. Seminar tersebut dengan tema "Kegagalan Bangunan dan Kegagalan Konstruksi serta Dampaknya".


Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Teknik UCB, Dr. Ir. Andre W. Koreh, MT, IPM, Asean Eng. kepada tim media ini di Hotel Harper Kupang pada Sabtu, (13/1/2024).


"Jasa Konstruksi Fakultas Teknik UCB pada tanggal 20 Januari ini akan menggelar Seminar Nasional dalam rangka memberikan edukasi, sosialisasi, bahkan ada advokasi kepada para pelaku jasa konstruksi dan masyarakat, khususnya di NTT," ujar Andre, sapaan akrabnya.


Dijelaskan Andre bahwa kegiatan ini sebagai Tri Dharma Pendidikan dan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk memberikan satu penyamaan persepsi, cara pandang tentang kondisi kegagalan bangunan seperti beberapa kasus tindak pidana korupsi yang terjadi di NTT. "Kondisi kegagalan bangunan ini menjadi dalil yang dibangun oleh aparat penegak hukum," jelasnya.


Andre juga menyampaikan Pembicara dalam Seminar tersebut adalah Dr. Ir. Joko Soepriyono. "Beliau adalah ahli konstruksi dan beliau akan menjadi salah satu narasumber dari orang yang paham tentang jasa konstruksi," bebernya.


Dalam seminar tersebut, kata Andre, bisa memberikan masukan kepada aparat penegak hukum dan ada satu kesamaan persepsi cara pandang dalam melihat sebuah fenomena kegagalan bangunan.


Menurutnya, akhir-akhir ini ada kecenderungan terjadinya kriminalisasi di kondisi kegagalan pembangunan sehingga perlu diedukasi kepada publik.
"Karena hampir 70% anggaran pemerintah. Baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota bergerak di pembangunan jasa konstruksi," terangnya.


Untuk itu, lanjutnya, Studi Jasa Konstruksi UCB menggelar seminar ini sehingga nanti masyarakat jadi tahu, penegak Hukum yakni, Kejaksaan, Kepolisian dan penasehat hukum juga serta mengundang beberapa Penasehat Hukum (PH) dari berbagai Lembaga bantuan hukum. Banyak kasus terkait kegagalan  bangunan dan konstruksi.


"Contohnya ada banyak kasus yang menurut kami belum bisa dikategorikan sebagai kegagalan bangunan. Tetapi oleh aparat penegak hukum sudah dikategorikan sebagai kegagalan pembangunan. Nah ini tentu karena berawal dari satu persepsi yang tidak sama," terangnya.


Andre juga menyampaikan, Seminar ini bersertifikat dan akan berlangsung di Hotel Harper dengan target 150 peserta. Dimana terdiri dari para dosen Fakultas Teknik, Para mahasiswa, para pelaku jasa konstruksi yang bergabung di Asosiasi Organisasi Profesi, aparat penegak hukum dan juga para penasehat hukum.


Untuk pendaftaran, bisa menghubungi Sekretaris Pusat Studi Jasa Konstruksi, Anita Kurniati, ST. MT. Melalui  Pesan WhatsAppnya di 082 247 300 037.

×
Berita Terbaru Update