Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Lanud El Tari Kupang Gelar Latihan Pemadaman Kebakaran

Kamis, 12 Mei 2022 | 2:53 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-14T11:18:34Z
XDetiik
Foto sedang latihan pemadaman kebakaran

XDetiik.com, KUPANG - Tim Base Rescue Dinas Operasi Lanud El Tari bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Kupang, mengadakan   latihan bersama Pemadam kebakaran semester 1 tahun 2022 yang  bertempat di Hanggar Kayu Lanud El Tari. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanud El Tari  Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T., M.Hum., M.Han., Kadis Ops Lanud El Tari Kolonel Pnb Anggit Budi Wibowo, S.A.P., Dansatpom Lanud El Tari Letkol Pom ,Yohanes Chandra Christian.,S.H. Kabid Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas SDM Bapak Frids A. Kodjie, SE, Kabid Pengendalian Operasi Pemadam dan Penyelamatan Bapak Paulus Dian Foenale, S.H, Kasie Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan Bapak Tomas Aquino Hua, S.T., Analis Kebakaran Ahli Muda Ibu Grace M. Dida, S.Sos, Analis Kebakaran Ahli Muda Bapak Polce R.Y. Ndolu, S.E, M.M. serta seluruh personel lanud El Tari. Rabu, (11/05/2022). 

XDetikk

Dari Dinas Kota Kupang, menyampaikan materi tentang penanganan pemadam kebakaran, pengertian kebakaran dan penggunaan Alat Pemadam Kebakaran, sebab- sebab terjadinya kebakaran yang tidak di sengaja, faktor alam dan kegagalan teknis dan praktek menggulung selang. 


Selanjutnya, dari tim memberikan simulasi cara mematikan api, penggunaan alat apar (alat pemadam api ringan) dan  cara menggunakan Air untik menangani  Kebakaran yang sedang berlangsung. 


Danlanud El Tari Marsma TNI Aldrin Petrus Mongan,S.T.,M.Hum., M.Han. Mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap Tim Pemadam Kebakaran Kota Kupang dan Tim Lanud El Tari yang telah hadir memberikan materi cara mamadamkan api akibat kebakaran terhadap seluruh personel Lanud El Tari. 


Lanjut Danlanud, kesigapan personel Lanud El Tari dalam simulasi latihan pemadaman kebakaran diikuti dengan serius. Adapun bahan yang dijadikan simulasi adalah  terjadi kebakaran akibat kelalaian membakar sampah sembarangan. Latihan pemadam kebakaran ini sangat penting dan harus dilaksanakan secara rutin  untuk melatih dan meningkatkan kemampuan seluruh anggota Lanud El Tari dalam menanggulangi kebakaran. 

XDetiik

" Setiap individu harus mampu melakukan penanganan awal kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran baik menggunakan Apar hingga memakai mobil Damkar sebelum api membesar dan melahap sekitarnya. Namun yang penting juga adalah pencegahan/mitigasi sebelum terjadi kebakaran, selain penanganan kejadian kebakaran tersebut." Tegas Danlanud El Tari 


Berhati - Hati dan selalu waspada karena sudah resmi wilayah Lanud El Tari Provinsi NTT menurut BMKG masuk musim kemarau/kering. Tandasnya

XDetiik

Lanud El tari dari satu pekan saja sudah 4 kali memadamkan api karena rumput terbakar di lapangan terbuka Lanud/sekitar Bandara. Tutup Danlanud

×
Berita Terbaru Update