Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pengendalian Hama dan penyakit dalam Budi daya Ikan Cupang

Sabtu, 08 April 2023 | 8:14 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-08T12:14:44Z

Cupang ada ikan laga atau ikan adu Siam adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara.


Oleh SAMUEL NGADA HUKA PATI, Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang.

NIT.              : 22.3. 06.105

Prodi             : Teknik Budidaya Perikann

Kls/semester : tpb-c /ll

Dosen            : Riris Yuli Valentine S.Pi.M.p


Xdetiik


XDetiik.com, KUPANG - Kegiatan budidaya ikan adalah Salah satu bentuk Budi daya perairan yang di mana kegiatan pemeliharaan atau pembesaran pada pembudidaya ikan berbagai jenis ikan.


Cupang ada ikan laga atau ikan adu Siam adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia tenggara, antara lain Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Vietnam dan indonesia. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.


Kegiatan yang mempunyai resiko tinggi salah satu penyebab gagalnya kegiatan budidaya ikan ini karena ada faktor penyakit atau munculnya gangguan penyakit pada pembudidaya ikan.


Pengendalian hama dan penyakit ikan atau sarangan dan penyebaran penyakit dan ada pung berapa hal pegadalian atau dapat dilakukan melalui kegiatan vaksinasi Ikan, monitoring penyakit ikan, peyuluhan sebaran penyakit ikan, peyusunan  vaksinasi harmonisasi juga peraturan perundang-undangan tentang penyakit ikan.


Begitu juga dengan Penyakit yang sangat merugikan sekali bagi pembudidaya kerena adanya suatu penyakitan Penyebab ikan/udang mati secara mendadak dalam jangka waktu yang singkat.


Ciri-ciri ikan cupang jika di lihat dari beberapa bagian tubuhnya antara lain, bentuk badan memanjangg dan agak gepang dengan warna beraneka ragam,sirip punggung lebar dan terentang hingga ke belakang dengan warna coklat kemerah-merahan dan dihiasi garis berwarna-warni.


Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari genus "osphronemus" dan memiliki nama latin "Betta sp" serta termasuk ke dalam family "osphronemifae".

×
Berita Terbaru Update