Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PAMI NTT Gelar Penyuluhan CTPS Bagi Pelajar di SD Negeri Otan

Jumat, 05 Agustus 2022 | 7:36 AM WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T23:37:08Z
XDetiik
Foto saat penerapan cuci tangan pakai sabun oleh PAMI NTT bagi siswa-siswi SDN Otan, Semau.

XDetiik.com, SEMAU - PAMI NTT (Pergerakan Anggota Muda IAKMI) NTT (Nusa Tenggara Timur) melakukan kegiatan penyuluhan di SD Negeri Otan, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang. Kamis, (04/8/2022).

Kegiatan tersebut dengan Tema "Penerapan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) Oleh Siswa-siswi di Sekolah Dasar" sebagai bagian dari rangkaian kegiatan PAMI Tour 2022. 


Ketua Panita Pengarah PAMI NTT, Heribertus Leonardo Boleng menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung di SD Negeri Otan tersebut merupakan suatu bentuk penyampaian informasi mengenai Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) kepada siswa/i kelas I-VI SD Negeri Otan. Kegiatan tersebut bermanfaat untuk merubah perilaku siswa-siswi yang awalnya jarang atau malas mencuci tangan pakai sabun, akhirnya menjadi rajin. 


Yogi M. Hahar, Ketua Panitia Pelaksana PAMI Tour 2022 dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, "mengedukasi anak usia dini dalam penerapan Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan suatu tindakan preventif dan aksi nyata dari PAMI NTT dalam mencegah terjadinya peningkatan penyakit yang berbasis lingkungan," terang Ketua Panitia.


Menurut Gerson Saudale, Kepala Sekolah SD Negeri Otan harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman anak usia dini tentang pentingnya membiasakan diri mencuci tangan sejak dini ketika sebelum dan sesudah beraktifitas.

"Dengan adanya Penyuluhan tentang 6 langkah CTPS  di sekolah ini sangat baik untuk melatih bagaimana anak bisa mentaati dan mendisiplinkan diri untuk terus menerapkan CTPS," ungkap Gerson.


Kepala Sekolah SD Negeri Otan itu juga menuturkan, "Selain membantu anak-anak, kegiatan Penyuluhan ini juga memberi dampak positif yaitu membantu guru-guru dan  dan khususnya orangtua, disamping mendidik anak tetapi juga memberi hal-hal yang bermanfaat (CTPS). Sehingga kedepannya mereka tidak hanya cerdas pikirannya tetapi juga sehat secara jasmani," tuturnya.


Untuk diketahui, Kegiatan dimulai dengan perkenalan dan  Ice breaking untuk menjalin keakraban dengan Siswa-siswi Kelas yang ikut Penyuluhan. Lalu demonstrasi CTPS yang dikemas dalam bentuk lagu dan gerakan, sehingga mudah dipahami dan praktekkan oleh siswa-siswi, memainkan berbagai permainan seru untuk melatih konsentrasi dan kerjasama antar siswa/i dan peserta PAMI Tour. Dilanjutkan dengan mempraktekkan 6 Langkah Cuci Tangan yang baik dan benar. Kemudian Kegiatan diakhiri dengan makan snack bubur kacang hijau bersama.


(Endang/XD**).

×
Berita Terbaru Update