Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pertemuan Bakohumas NTT, Sekda Kosmas Lana : Peran Pers Sebagai Penyalur Informasi Yang Layak Dikonsumsi Publik

Kamis, 06 Juni 2024 | 12:38 PM WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-06T04:38:54Z
Xdetiik
Pertemuan Bakohumas NTT di Hotel Ima Kupang, NTT.

XDetiik.com, KUPANG - Badan Komunikasi dan Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pertemuan dengan tema 'Pentingnya Legalitas Bagi Media Massa'. Sekretaris Daerah (Sekda), Kosmas D. Lana menyebut peran Pers sebagai penyalur informasi yang layak dikonsumsi publik.


Demikian sambutan Sekda NTT, Kosmas Damianus Lana dalam kegiatan pertemuan yang digelar oleh Bakohumas NTT di Hotel Ima Kupang pada Kamis, (30/5/2024).


"Peran Pers sebagai penyalur informasi yang layak dikonsumsi oleh publik. Tidak boleh diabaikan," ujar Sekda, Kosmas Lana.


Sekda Kosmas Lana, dalam sambutannya menyoroti peran krusial media massa dalam struktur pemerintahan dan infrastruktur politik yang dapat mempengaruhi keputusan publik.

"Pers memiliki fungsi penting dalam memengaruhi struktur politik dan menyoroti pentingnya legalitas dalam konteks hukum, mengingat bahwa informasi yang tidak akurat dapat berdampak pada konsekuensi hukum," papar Sekda NTT.


Sekda NTT menyoroti pentingnya keakuratan data yang disajikan oleh media massa. "Baik berupa angka maupun huruf, harus disajikan dengan tepat. Karena kesalahan dalam penyaluran informasi dapat berdampak pada keputusan hukum," katanya.


Menurut Kosmas, legalitas menjadi landasan penting bagi keberlangsungan media massa dalam menjalankan tugasnya.


Sementara itu Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S. menyampaikan Fungsi Dewan Pers (Pasal 15 ayat (2) UU Pers) Regulasi Pers
Yang tertuang dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Peraturan Dewan Pers
serta  Kode Etik Jurnalistik (Peraturan Dewan
Pers Nomor: 6/Peraturan-DP/V/2008
Tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan
Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode
Etik Jurnalistik Sebagai Peraturan Dewan Pers.


Dalam pertemuan tersebut juga diharapkan menjadi ajang penting untuk memperkuat kerjasama antara pemerintah dan media massa dalam menjaga keakuratan dan legalitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat.


Pertemuan itu juga dihadiri oleh perwakilan dari Kepolisian Daerah (Polda) NTT yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

×
Berita Terbaru Update