Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kerja sama Satgas PPKS Undana dengan MCC Gelar Workshop Mekanisme Pelaporan Kekerasan Seksual

Jumat, 11 Agustus 2023 | 8:36 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-11T02:06:08Z
xdetiik


XDetiik.com, KOTA KUPANG - Satuan Tugas (Satgas)Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang melakukan kerjasama dengan Mennonite Central Committee United States (MCC) dan Menggelar Workshop tentang "Pengembangan Mekanisme Pelaporan Kekerasan Seksual." Pentingnya acara ini dalam mewujudkan pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam penanganan kasus kekerasan seksual.


Demikian disampaikan oleh Ketua Satgas PPKS, Dr. Simplexius Asa, SH.,MH kepada Media dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Lembata, Hotel Harper's Kota Kupang pada Kamis, (10/8/2023). Kegiatan tersebut berlangsung hingga Jumat, 11 Agustus 2023 (dua hari kegiatan).


"Pentingnya acara ini dalam mewujudkan pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam penanganan kasus kekerasan seksual. Kehadiran narasumber dari satgas kekerasan seksual Universitas Indonesia (UI) diakui sebagai tambahan wawasan yang berharga," jelas Ketua Satgas PPKS.


Dalam workshop tersebut dihadirkan empat narasumber. Dr. Simplexius juga mengatakan Latar belakang akademis narasumber tersebut, sebagai guru besar psikologi, memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami dan menangani kasus kekerasan seksual.

Dr. Simplexius Asa, SH.,MH., Sekertaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undana, 

"Berharap agar kasus kekerasan seksual dapat dicegah sebanyak mungkin, dan jika terjadi, dampaknya dapat diminimalisir sesuai dengan prinsip utama satgas," harap Simplexiu yang juga sebagai Sekertaris LPPM Undana itu.


Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, dalam sambutannya mengapresiasi dan mendukung upaya PPKS Undana dalam menangani kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus.


Ia juga berharap dengan upaya-upaya PPKS dapat meminimalisir kekerasan seksual di Kampus.

"Dengan kehadiran PPKS Undana akan membantu mengurangi kekerasan seksual di kampus dan masyarakat secara umum," harapnya.


Selanjutnya, Ketua Panitia (Kepan) Pelaksana Dr. dr. Nicholas Edwin Handoyo, M.Med.Ed. menerangkan bahwa "kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan sebelumnya tentang kekerasan seksual. Kerjasama dengan Mennonite Central Committee United States (MCC) bertujuan untuk mengembangkan mekanisme pelaporan terkait kasus kekerasan seksual," terangnya.


Dr. dr. Nicholas yang juga sebagai Koordinator LPPM Undana, menjelaskan bahwa "anggota satgas dilatih untuk menangani kasus kekerasan seksual dan memahami proses pelaporan serta tindak lanjut yang diperlukan," katanya.


Selain itu, salah satu pemateri, Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog, anggota Satgas Universitas Indonesia (UI), kepada media mengungkapkan bahwa ia merasa senang dapat berpartisipasi dalam diskusi tersebut dan mengapresiasi antusiasme serta kepedulian terhadap isu kekerasan seksual.

Ia juga berpesana bahwa "pentingnya diskusi mengenai kekerasan seksual dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk laki-laki, menunjukkan keseriusan dalam menghadapi isu ini," pesannya.


Diketahui narasumer dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut ;

1. Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog, anggota Satgas Universitas Indonesia (UI) : menteri "Gender, Seksualitas dan Kekerasan Seksual".

2. IPTU Fridinari D. Kameo S.H ( Ps.Panit 1 Unit 3 Subdit 4 Ditreskrimum Polda NTT) "Mekanisme Pelaporan Kekerasan Seksual pada Kepolisian".

3. Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog, "Mekanisme Pelaporan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi". 

4. Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Psikolog. "Diskusi dan Presentasi: Mekanisme Pelaporan".


xdetiik

Kegiatan tersebut yang dimulai dari jam 09.00 - 17:30 di hadiri sebanyak 35 peserta. 

(Y/F**).
×
Berita Terbaru Update