Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berdayakan Pemuda Di Sekitar Eks Lokalisasi KD, TIM Prodi Sosiologi Agama Adakan PKM

Rabu, 26 Juli 2023 | 8:54 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-26T12:57:32Z

XDetiik.com, KOTA KUPANG,- Fakultas  ilmu sosial Keagamaan kristen ( FISKK) Program studi ( Prodi) Sosiologi Agama , Institut Agama Kristen Negeri ( IAKN) Kupang gelar Pengabdian kepada Masyarakat ( PkM) di Gereja Bethel Indonesia ( GBI) Kemah Pujian Tenau,  Rabu (26/07/2023).


Kegiatan tersebut diberi tema “ Pemberdayaan  pemuda GBI Kemah Pujian Tenau di sekitar Eks Lokalisasi Karang Dempel ( KD)" Kecamatan Alak Kota kupang.


Pengabdian kepada  Masyarakat tersebut berlangsung selama tiga hari terhitung pada tanggal 24-26 Juli 2023.


PKM tersebut merupakan kegiatan kolaborasi yang melibatkan dosen dari prodi sosiologi Agama diantaranya : Trijuliani Renda M.Si, Andri Pellondou, M.Si, Osias O. Moru, M.Si. Tircha T. Motto, S.Kom serta lima orang mahasiswa atas nama : Oskar Liu, Arit Tana, Irvin Rambu Dada, Adolfince Neolaka dan Elton A. Adu.


Kegiatan ini melibatkan peserta dari unsur Pengurus Gereja , Remaja, dan Pemuda . Dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yakni Irena E. Daik, M.Psi. yang membawakan materi tentang. “ Seks dan Seksualitas dalam perspektif Psikologi, Psikologi Sosial dan Patologi Sosial. Trijuliani Renda, M.Si  memberikan materi terkait dengan “ Seks dan Perilaku sosial,". Osian O.Moru, M.Si. yang membawakan materi tentang " Pandangan Seks dalam Alkitab dan Andri Pellondou,  M.Si. yang membawakan materi tentang “ Seks, masalah Sosial dan Etika Sosial."


Dalam sambutannya diacara pembukaan, Trijuliani Renda, M.Si  selaku ketua tim merasa bersyukur karena kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari mitra PkM.


Puji Tuhan, kegiatan ini mendapatkan respon dan apresiasi yang sangat baik dari pemuda- pemudi. Mereka sangat antusias dalam mengikuti pemberdayaan  ini,” ungkapnya.


Dalam sambutannya selaku ketua tim dan  merupakan Koordinator Prodi sosiologi Agama mensosialisasikan IAKN Kupang dalam hal ini prodi sosiologi agama.


" Bagi pemuda-pemudi yang ada di tempat ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi silahkan  ke IAKN Kupang yang merupakan sekolah negeri di kota kupang dan ada Prodi Sosiologi Agama dengan gelar S.Sos yang lulusannya bisa di lembaga swasta  maupun PNS dan siap menampung saudara-saudara dalam menjalani pendidikan," katanya.


Dia kembali melanjutkan bahwa Alumni IAKN Kupang sudah mempunyai lulusan yang terserap di sekolah-sekolah, lembaga-lembaga swasta dan juga PNS. IAKN Kupang dalam hal ini juga Prodi Sosiologi Agama adalag kampus Negeri di NTT dan Kota Kupang yang biaya kuliahnya sangat murah.


" Alumni kita sudah lulus PNS dimana-mana dan bekerja bahkan ada juga kembali bekerja di kampus tersebut karena salah sekolah Negeri di Kota Kupang dengan  biaya yang sangat murah," Bebernya.


Sementara itu, Pdt. Arnoldus Manubulu, S.Th GBI Kemah Pujian  merasa bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran tim Dosen Sosiologi Agama  karena Kemah Pujian sangat membutuhkan pendampingan dan pembekalan tentang Seks dan Seksualitas.


" Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Dosen Sosiologi Agama IAKN Kupang yang bersedia mengadakan kegiatan ini di tempat ini karena kami  sangat membutuhkan pendampingan dan banyak belajar tentang Seks dan seksualitas karena kami berada di lingkungan Eks Lokalitas KD," ujarnya.


Dia juga menambahkan bahwa harus memiliki pengetahuan dan pengetahuan itu dapat dari belajar.


" Kami disini harus banyak belajar karena dengan belajar kita dapat mengetahui segala sesuatu, Contoh ke saya, Saya walaupun sudah berumur 75 tahun tetapi buku-buku saya banyak untuk belajar, Karena belajarlah yang membuat masa depan kita lebih baik," Tutupnya.


( XD/ Oskar**)

×
Berita Terbaru Update