Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pendadaran THS-THM, Romo Gusti Nesi : Ekonomi Kreatif adalah Mencintai Karya Tangan Anda Sendiri

Rabu, 28 Desember 2022 | 11:17 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-28T15:38:48Z

 
Xdetiik

XDetiik.com, KEFAMENANU - Disela-sela Pendadaran Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hari Maria (THS-THM) diadakannya kegiatan Ceramah yang dibawakan oleh Romo Gusti Nesi Pr dengan mengusung Tema: "Peningkatan Ekonomi Kreatif bagi kelompok-kelompok kecil"  berlangsung di Paroki Bakitolas (Kapela Sunbaki), Dekenat Mena, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada Rabu, (28/12/2022). 


Kegiatan ini diikuti seluruh civitas THS-THM Dekenat Mena yang terdiri dari 10 paroki dengan jumlah 504 jiwa. Dengan uraian peserta pendadaran 326 jiwa, dan jumlah Senior 178 jiwa.


Romo Gusti Pr, dalam materinya menyampaikan bahwa

"Ekonomi kreatif adalah Anda mencintai karya tangan sendiri. Ekonomi Kreatif itu butuh tindakan, butuh kerja nyata," kata Rm. Gusti Pr.


Lanjutnya juga mengatakan, "Segala-galanya butuh uang meskipun uang bukan segalanya," kata Romo.


Romo pun mengajukan pertanyaan sederhana mengenai ekonomi kreatif yang ada di setiap ranting. Di ranting Mana yang memiliki Ekonomi kreatif? Setiap ranting tidak ada! Seru anggota setiap ranting'.

Lalu ajak Rm. Gusti yang akrab disapanya: Pulang dan buatkan Ekonomi Kreatif di Ranting masing-masing sehingga tidak ada gaya kumpul-kumpul uang saat setiap kegiatan.


Perihal Ekonomi Kreatif sangat membantu setiap hidup komunal kita dalam mengahadapi setiap kegiatan. 

"Kegiatan kita banyak, oleh karena itu untuk tetap menjaga kesatuan, kekompakan, hidup persaudaraan kita yang utuh maka harus siapkan Ekonomi kreatif di paroki kita, ranting kita, unit latihan kita sehingga mampu membantu, memperlancar dan memudahkan setiap kebutuhan yang ada dalam kegiatan kita," ungkapnya.


Dalam kegiatan ceramah, Ajak Rm. Gusti Nesi Pr kepada peserta bahwa kalian sudah mau jadi senior maka siapkan diri, pikirkan sudah apa yang mau kalian buat sesuai Tema Peningkatan Ekonomi Kreatif bagi Kelompok-kelompok Kecil sehingga kedepannya tidak lagi gegabah mencari uang saat-saat mendekati kegiatan rutinas Tunggal Hati Seminari-Tunggal Hati Maria.

"Kalau kalian sudah ada Ekonomi Kreatif/Hasil karya tangan sendiri maka kalian tidak sulit kalau mau (ingin, red) membuat sesuatu karena semua pelicin kalian ada tanpa harus mengeluh atau meminta dari orang tua," tegas Romo.


Akhirnya Rm. Gusti memberi tugas kepada setiap ranting dalam Dekenat Mena untuk kembali dan wajib melakukan Ekonomi Kreatif di ranting masing-masing.

(Onie/XD**).

×
Berita Terbaru Update