Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menyongsong HAS, KPA NTT dan PKBI Sosialisasi Kespro juga HIV AIDS di SMKN 5 Kupang

Rabu, 30 November 2022 | 2:18 PM WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-30T06:18:10Z
XDetiik
Foto Adrianus Lamury saat sosialisasi terkait HIV dan AIDS  di SMK Negeri 5 Kupang.

XDetiik.com, KOTA KUPANG - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi NTT yang bekerjasama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTT dalam rangka Hari AIDS Sedunia (HAS) Menyasar Kaum Remaja SMK Negeri 5 Kupang, berbincang terkait Kesehatan Reproduksi (Kespro), Seksualitas Remaja dan HIV AIDS


KPA Provinsi NTT yang diwakili Adhi Lamury dan PKBI NTT oleh Billy Nesimnasi. menyampaikan pesannya ; Fakta Banyak Remaja yang berpacaran di usia Remaja namun diharapkan agar Remaja tidak melibatkan aktifitas seksual dalam Pacaran karena dapat berlanjut pada aktifitas Hubungan Seksual. 


Dalam penyampaiannya kepda Siswa-siswi SMK Negeri 5 Kupang, Adi Lamury juga menjelaskan,

"Remaja jika Pacaran sebaiknya yang sehat dan bertanggungjawab tanpa melibatkan hubungan seksual dalam Pacaran. Dampak yang dapat ditimbulkan adalah hamil, menghamili, bahkan terinfeksi penyakit infeksi menular seksual bahkan HIV AIDS," jelasnya. 


Disampaikan juga Adhi Lamury dari KPA Provinsi NTT bahwa data kasus HIV AIDS diusia remaja ada dan banyak, 

"Sehingga hari ini remaja diberikan hak mereka yaitu terkait informasi yang benar dan bertanggungjawab terkait HIV AIDS dan Kesehatan Reproduksi & Seksualitas Remaja," ujarnya.


Pengelola Program KPA Provinsi NTT itu juga menjelaskan, Kegiatan hari ini terkait Hari AIDS Sedunia (HAS) di NTT. Sosialisasi HIV AIDS dan Kespro, Seksualitas Remaja di SMK N 5 telah dilaksanakan hari ini, kemudian rencananya juga akan dilaksanakan di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 5 Kupang tinggal menunggu jadwal dari sekolah,  


"Akan dilaksanakan Sosialisasi HIV AIDS bagi para pedagang di Pasar Oeba khususnya perempuan dan remaja sekaligus mobile VCT pada puncak HAS di tanggal 1 desember, tanggal 3 Desember," imbuhnya.


Akan Dilanjutkan dengan penguatan secara psikologis bagi Orang dengan HIV (ODHIV) daratan Timor di Kupang, yang bekerjasama KPA Provinsi NTT, PKBI NTT dan Bethesda Yakkum Belu. 

"Sedangkan penguatan secara spiritual bagi ODHIV telah dilaksanakan kerjasama dengan Sinode GMIT dan kegiatan di Sinode GMIT lantai 3," ujarnya.


XDetiik


Kegiatan lain yang akan dilaksanakan adalah zoom meeting bersama mahasiswa  yang tergabung di PKBI NTT dengan Narasumber dari Dinas Kesehatan, PKBI NTT dan Yayasan Inset pada tanggal 2 desember 2022 nanti. Dan kegiatan distribusi media KIE terkait HIV AIDS bagi warga binaan anak di lembaga pemasyarakatan Kupang. Tutupnya.

(A/XD**).

×
Berita Terbaru Update